6 Kebiasaan Malam Obama yang Menarik Dipelajari

SOLID GOLD BERJANGKA – Selepas menjalani kegiatan padat sebagai Presiden Amerika Serikat, Barack Obama kerap meluangkan waktu untuk berkegiatan malam hari di Treaty Room Gedung Putih. Sebagian rutinitas malam yang sering dilakukan Obama ternyata memiliki dampak positif di mana sebagian rutinitas lainnya memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan menurut penelitian.

SOLID GOLD BERJANGKA – Setidaknya ada enam rutinitas malam hari yang sering dilakukan Obama dan dapat menjadi pelajaran dan inspirasi bagi Anda. Berikut ini ialah enam rutinitas malam hari Obama seperti di lansir Elle UK.

Bekerja di larut malam

SOLID GOLD BERJANGKA – Penulis pidato Obama, Cody Keenan, beberapa kali pernah bekerja bersama Obama ketika malam sudah larut. Menurut Keenan, bekerja dengan Obama di larut malam memberikan lebih banyak ruang untuk berpikir lebih jernih. Pendapat Keenan tidak salah. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang malam atau night peopleseperti Obama akan berpikir lebih kreatif di malam hari.

 

Kacang almond

Setiap malam, Obama selalu ngemil tujuh buah kacang almond yang sedikit digarami. Jumlah kacang almond yang disantap Obama mungkin terkesan aneh. Akan tetapi, tujuh buah kacang almond mengandung 43 kalori, empat gram lemak, 10 mg sodium dan 1,5 gram protein. Dengan kata lain, ngemil tujuh buah kacang almond di malam hari sama sekali tidak akan menggemukkan, sebaliknya memberikan asupan vitamin E dan magnesium.

 

Menonton pertandingan olahraga

Saat membaca laporan dan koran di malam hari, Obama selalu menyetel pertandingan olahraga di televisinya. Berdasarkan penelitian, menonton orang berlari (dalam pertandingan olahraga) sebenarnya juga dapat sedikit meningkatkan detak jantung, pernafasan serta aliran darah penontonnya. Oleh karena itu, menonton pertandingan olahraga bisa dikatakan memberi sedikit ‘efek’ dari olahraga sungguhan.

 

Kurang tidur

Tak semua rutinitas Obama memberikan dampak positif bagi kesehatan dan pikiran. Rutinitas yang padat membuat jadwal tidur Obama selalu dimulai pada pukul 02.00 dini hari. Obama pun harus mulai mengawali aktivitasnya kembali pada pukul 07.00 pagi. Meski Obama mengatakan jam tidurnya ‘beralasan’, Obama pada dasarnya hanya tidur selama lima jam dalam satu hari.

National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa tidur kurang dari enam jam tidak menyehatkan dan tidak direkomendasikan. Kurangnya jam tidur dapat memengaruhi berbagai hal, mulai dari menurunnya kewaspadaan, terganggunya daya ingat, meningkatnya risiko depresi hingga menurunnya gairah.

 

Permainan otak

Selama menghabiskan malam di Treaty Room, Obama sering memainkan permainan Words with Friends di iPad miliknya. Gim permainan kata ini dapat mengasah otak agar tetap tajam hingga mencegah Alzheimer. Akan tetapi, dampak positif permainan kata ini hanya berlaku selama pemain tidak menguasai trik-trik tertentu. Dampak positif permainan kata dapat terus diasah dengan mencoba berbagai jenis gim permainan kata.

 

Dekafeinasi

Menurut berita, Obama sangat jarang meminum kopi dan lebih sering meminum air putih. Air putih memang bagus untuk kesehatan. Akan tetapi, kopi tidak sepenuhnya buruk bagi kesehatan. Cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dari kopi berkaitan dengan pencegahan kanker dan penyakit jantung. Di samping itu, asupan kafein di bawah 400 mg per hari juga tergolong sehat bagi orang dewasa.