SOLID GOLD BERJANGKA – Karena berasal dari bangsa serumpun, rujak juga ada di negera tetangga. Singapura punya rojak dan Malaysia punya pasembur.

Rojak dalam bahasa Melayu berarti ‘Campuran’. Meskipun berisi campuran beragam buah dan sayuran seperti rujak Indonesia rujak Malaysia punya keunikan. Dikenal dengan sebutan mamak rojak atau pasembur atau rujak India. Karena konon diperkenalkan oleh muslim Tamil di Malaysia.

Isiannya terdiri dari kentang rebus, bakwan udang, telur rebus, tauge, juhi, tahu goreng dan mentimun. Sausnya kental kecokelatan dengan campuran kacang tanah tumbuk. Umumnya dijajajakan di kaki lima, mobil atau motor. Setiap penjual punya gaya racikan yang berbeda.

Rojak bergaya Penang biasanya disajikan dengan mentimun segar, bengkuang, nanas, jambu air, tahu, sotong dengan paduan terasi yang wangi. Disiram dengan saus cokelat yang terbuat dari gula merah, cabai merah, cabai rawit, terasi dengan gerusan kacang tanah.

Singapura juga punya rujak yang disebut ‘rojak’. Salah satu rojak bergaya India yang ada di kawasan Pasar Tekka ini dibuat dengan aneka makanan gurih. Potongan udang, chicken ball, fish ball, fish cake, paru, limpa hingga sotong ditambahkan dengan mentimun dan irisan bawang merah. Disiram dengan saus yang diracik dengan kacang tanah tumbuk, cabai merah, gula dan air asam Jawa. Teksturnya encer dengan rasa asam pedas.

Rojak dengan sentuhan kuliner China juga populer di Singapura. Umumnya ditambahkan dengan potongan telur seribu tahun, kerang, youtiao (bakwan tepung goreng) dan tahu goreng yang renyah. Rojak merupakan camilan yang gampang didapat di hawker centre Singapura dengan harga sekitar Rp. 20.000 per porsi.

Rojak terenak dan termahal bisa dibeli di Balestier Road Hoove Rojak. Pembeli harus sabar mengantre meskipun harganya sektar Rp. 40.000 pe rporsi. Sausnya dengan rasa pedas, manis yang seimbang disukai orang. Apalagi kacang tanah cincangnya melimpah. Uniknya rojak di Singapura selalu disajikan dengan tusuk sate atau dengan sumpit. Ini untuk memudahkan menyantapnya.