SOLID GOLD BERJANGKA. Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (12/05), indeks Shanghai berakhir turun tipis -0,30poin, atau -0,01 persen, ke 2836.74. Rencana pemerintah meluncurkan proyek infrastruktur sebesar $ 723,3 miliar menahan pelemahan lebih dalam bursa Shanghai terhadap kekuatiran ekonomi Tiongkok .

Kepercayaan investor telah tertekan oleh People’s Daily pada hari Senin yang mengisyaratkan Beijing tidak akan lagi menggunakan ekspansi kredit yang cepat dan kebijakan moneter yang longgar untuk merangsang pertumbuhan, setelah kenaikan tajam dalam pengeluaran pemerintah dan pinjaman bank pada kuartal pertama tahun ini.

Tapi pasar memperoleh penguatan penghiburan dari rencana pemerintah untuk meluncurkan proyek infrastruktur pada akhir Rabu kemarin

Sebuah rencana aksi tiga tahun untuk meningkatkan infrastruktur negara telah resmi diluncurkan oleh pemerintah Tiongkok, dengan total investasi sebesar 4,7 triliun yuan ($ 723.8 miliar), demikian dilansir Shanghai Securities News pada hari Kamis (12/05).

Rencana bersama ini dikeluarkan oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional dan Kementerian Transportasi Tiongkok, bertujuan untuk meningkatkan transit bersih dan cepat, lalu lintas dasar bersih dan transit bersih perkotaan, membangun jaringan transportasi yang terintegrasi dan lebih baik memanfaatkan peran keunggulan kombinasi dan jaringan efisiensi.

Data kredit April diperkirakan dirilis hari ini atau besok, dan ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan penurunan tajam dalam pinjaman baru.

Saham infrastruktur naik tajam pada berita tentang rencana pengeluaran, meskipun sektor ini memberikan kembali sebagian dari keuntungan hari itu dengan dekat pada profit taking.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi sideways cenerung melemah dengan belum adanya arahan dan fundamental yang menguatkan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2748-2662 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2927-3020.