SOLID GOLD BERJANGKA – Bursa Saham Eropa rally pada perdagagan Selasa (07/06) karena investor mencerna komentar dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen yang menurunkan ekspektasi kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat ini.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 bergerak 1,23 persen lebih tinggi.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.317,13, naik 43,73 poin atau 0,70%

Indeks DAX berada pada posisi 10.266,51, naik 145,43 poin atau 1,44%

Indeks CAC berada pada posisi 4.472,78, naik 49,40 poin atau 1,12%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.925,40, naik 101,90 poin atau 1,15%

Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen, pada hari Senin memberikan pernyataan yang sebagian besar optimis tentang prospek ekonomi AS dan mengatakan kenaikan suku bunga akan datang.

Secara keseluruhan, Yellen mengatakan lebih banyak kekuatan positif yang mendukung pertumbuhan lapangan kerja dan inflasi daripada yang negatif dan hal itu akan terus berlangsung.

Dalam berita perusahaan, Royal Dutch Shell menyelenggarakan Hari Pasar Modal pada Selasa. Rencana perusahaan minyak utama ini meningkatkan arus kas bebas dan pengembalian dan meninggalkan hingga 10 negara untuk memotong biaya berikut akuisisi BG Group. Saham Shell naik tajam.

Sektor minyak dan gas secara keseluruhan rally di tengah kenaikan harga minyak mentah Brent yang melayang dekat level tertinggi tujuh bulan.

Saham Tullow Oil diperdagangkan lebih tinggi setelah Investec menaikkan target harga untuk saham.

Di tempat lain di ruang komoditas, saham sumber daya dasar rally. Rio Tinto dan BHP Billiton keduanya di zona positif setelah Citigroup menaikkan target harga untuk kedua saham.

Saham Glencore juga lebih tinggi meskipun hakim AS mengatakan bahwa perusahaan harus menghadapi gugatan yang menuduh untuk mencoba menaikkan harga seng berkualitas tinggi dengan memonopoli pasar.

Sementara itu, saham di bank Perancis Natixis rally setelah Jefferies menempatkan proyeksi tingkat “membeli” pada saham.

Dan anggota parlemen Jerman meminta Uni Eropa untuk memperketat aturan di sekitar perangkat terkait kecurangan untuk uji emisi setelah skandal yang melibatkan Volkswagen tahun lalu. Namun saham pembuat mobil lebih tinggi.

Analyst solid gold memperkirakan bursa Eropa berpotensi menguat dengan memudarnya harapan kenaikan suku bunga AS bulan Juni ini.