SOLID GOLD BERJANGKA – Dalam bisnis dan hidup, orang biasanya berusaha agar mereka tidak menampakkan satu kekurangan atau kelemahan pun. Akan tetapi bagaimana jika kekurangan tersebut menjadi bagian dari Anda? Motivasi bisnis dan hidup yang paling hebat bukanlah mengusahakan agar Anda memiliki sesedikit mungkin kekurangan, namun bagaimana mengubah kekurangan menjadi kelebihan bahkan aset Anda dalam membangun reputasi dan keberuntungan. Hal ini tidak mudah, karena menuntut usaha lebih dalam hal memoles kekurangan tersebut lalu memanfaatkannya di waktu yang tepat.

Anda bisa melihatnya dari aktor asal Meksiko yang kini tenar sebagai bintang film laga, Danny Trejo. Jika Anda menonton film-filmnya, Anda akan melihat bahwa ia sering berperan sebagai penjahat, bandit, pembunuh atau tokoh yang memiliki masa lalu dalam bidang kejahatan. Mengapa demikian? Karena ia memang mantan narapidana, dan ia memiliki karakter serta wajah yang cocok untuk memerankan orang-orang tersebut. Alih-alih putus asa dengan wajahnya yang garang dan sering dianggap seperti penjahat, ia malah memanfaatkannya sebagai motivasi bisnis dan hidup.

 

Manfaatkan Kekurangan dan Kesempatan yang Tepat

Danny Trejo benar-benar pernah menjadi penjahat di usia remaja; ia sering berkelahi, membawa senjata api dan bahkan menjual narkoba di jalan. Setelah masuk penjara, ia kebetulan mendapat tawaran untuk menjadi ekstra dalam sebuah film laga yang menginginkan pemeran ekstra dengan karakter seperti penjahat asli. Maka ia pun menerimanya dan melakukan perannya sebaik-baiknya walaupun ia hanya sebagai ekstra.

Kini, setiap kali kembali ke kampung halamannya di Meksiko, Danny Trejo sering berkata bahwa “dulu aku menjual narkoba di jalan ini. Sekarang di jalan yang sama, anak-anak datang meminta tanda tangan.” Jadi, dengan kekurangan yang dimilikinya (pernah melakukan kejahatan dan masuk penjaran), Danny Trejo berhasil mendapatkan keberuntungan (memanfaatkan wajah dan karakternya untuk memerankan tokoh antagonis di berbagai film). Jadi, motivasi bisnis apa yang bisa Anda pelajari dari aktor ini? Bahwa kekurangan apapun akan menjadi kelebihan, jika Anda mau memanfaatkannya.

 

Kekurangan Bisa Menjadi Aset

Kekurangan yang Anda miliki bisa menjadi cara untuk mendorong diri sendiri mencapai kesuksesan, dimana kekurangan tersebut menjadi bahan bakar yang anda perlukan untuk mendorong diri sendiri agar sukses. Kekurangan akan mendorong Anda untuk berusaha lebih keras daripada orang lain, karena Anda beranggapan bahwa apa yang dimiliki orang lain harus juga Anda miliki walau harus berusaha lebih keras lantaran kekurangan tersebut. Jadi, kekurangan merupakan sumber motivasi dan bahkan pendorong untuk meraih sebuah kesuksesan dengan semangat pembuktian.

Bahkan, kekurangan pun bisa menjadi aset Anda dan dasar untuk mengembangkan motivasi bisnis dan hidup, sekalipun kekurangan tersebut berasal dari karakteristik diri sendiri. Misalnya, apakah Anda orang yang pemalu dan tidak bisa bicara di depan umum? Tak masalah; manfaatkan hal tersebut dengan menjadi pendengar yang baik, karena orang yang tak suka bicara biasanya punya energi lebih untuk mendengar. Anda pernah punya pengalaman masa lalu yang pahit dan semua orang tahu? Tak masalah; jadikan hal itu sebagai pelajaran, bahwa orang seperti Anda pun ternyata bisa menjadi pebisnis dan warga negara yang baik.

Tonjolkan kekurangan Anda pada saat yang tepat, dan sifatnya harus bisa menjadi sebuah pembelajaran bukannya hal untuk meremehkan dan merendahkan diri sendiri. Pastikan orang lain mendapat pelajaran dari kekurangan yang mereka ketahui dari Anda. Semakin Anda tak malu mengakui bahwa Anda punya kekurangan, semakin banyak rasa hormat yang akan Anda peroleh dan dorongan motivasi bisnis serta hidup Anda akan semakin kencang.