bursa AS

solid gold berjangka. Bursa saham AS ditutup variatif pada hari Senin akibat berlanjutnya penurunan harga minyak memukul sektor energi, S&P 500 menguat dan mencatat rekor baru, sementara Dow Jones melemah dan mengakhiri penguatan tujuh sesi beruntun.

Setelah sempat menguat di awal perdagangan Senin, minyak berbalik melemah dan menyentuh level terendah sejak bulan Mei 2009 akibat spekulasi berlebihnya pasokan minyak mentah akan membawa harga minyak terus turun pada semesster pertama 2015.

Wall Street sebelumnya juga mendapat tekanan dari bursa Eropa setelah Yunani dilanda ketidakpastian politik baru setelah para politisi gagal untuk menyepakati menunjuk Presiden baru. Para politisi di negara tersebut untuk ketiga kalinya tidak memberikan dukungan terhadap calon Presiden yang diinginkan oleh Perdana Menteri Antonis Samaras. Dengan demikian pemilihan umum di Yunani kemungkinan akan dilakukan awal tahun depan, dan berpotensi mengancam pemulihan ekonomi Yunani.

S&P 500 menguat 1,81 poin atau 0,1% menjadi 2090,58, sementara Dow Jones melemah 15,448 poin atau 0,1% menjadi 18038,23. Nasdaq ditutup flat pada level 4806,91