Solid Gold Berjangka. Bursa saham Eropa dibuka turun pada hari Senin (29/02) terpengaruh sentimen negatif merosotnya pasar saham Tiongkok.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,6 persen.

Indeks FTSE berada di posisi 6.045,72, turun -50,29 poin atau -0,82%

Indeks DAX berada di posisi 9.375,12, turun -138,18 poin atau -1,45%

Indeks CAC 40 berada di posisi 4.272,60, turun -41,97 poin atau -0,97%

Indeks IBEX 35 berada di posisi 8.259,40, turun -89,80 poin atau -1,08%

Lihat : Bursa Eropa Akhir Pekan Naik, Bukukan Hasil Positif Mingguan

Banyak dari optimisme pekan lalu datang dalam pertemuan menteri keuangan negara G-20 di Shanghai dengan investor berharap untuk mendapatkan kepastian tentang keadaan ekonomi global dan langkah-langkah kebijakan lebih lanjut untuk memacu pertumbuhan. Namun para analis mengatakan pertemuan itu mengecewakan dengan tidak adanya tindakan yang solid dari hasil pertemuan tersebut.

“Tidak ada rincian tentang apa langkah-langkah fiskal tambahan dapat diambil untuk membantu melengkapi kebijakan bank sentral, sebagai pembuat kebijakan melanjutkan untuk menunjukkan bahwa kekhawatiran pasar tentang prospek pertumbuhan di masa depan yang berlebihan,” Michael Hewson, kepala analis pasar di CMC Markets, mengatakan dalam sebuah catatan pada hari Senin.

Di Asia, pasar saham Tiongkok anjlok Senin. Pemulihan di pasar properti Tiongkok mungkin mempengaruhi beberapa saham turun, Dow Jones melaporkan, mengatakan modal dapat lari dari pasar saham sebagai bunga dalam membeli rumah meningkat.

Pasar minyak mentah sedang diawasi ketat dengan harga minyak mentah berjangka naik pada awal perdagangan Senin setelah naik 15 persen pekan lalu, dengan beberapa indikator yang menunjuk kemungkinan pasar menunjukkan tanda-tanda menggembirakan, Reuters melaporkan.

Sektor perbankan sekali lagi fokus setelah reli pekan lalu dengan berita negatif membebani sektor ini.

Standard Chartered diperdagangkan melemah tajam setelah Bernstein menurunkan target harga untuk saham yang terdaftar di Hong Kong. Bernstein juga menurunkan target harga untuk HSBC, mengirimkan saham di pemberi pinjaman ke wilayah negatif.

Saham Barclays berada di zona merah setelah mengatakan akan mengupdate investor pada saham masa depan di Barclays Afrika ketika menyajikan hasil setahun penuh akhir pekan ini.

Para analis mengatakan bank menghadapi rentetan masalah yang telah memicu penurunan di sektor ini.

Dalam berita perusahaan perorangan, saham di Morrisons melonjak lebih dari 5 persen setelah perusahaan rantai supermarket Inggris membuat kesepakatan dengan Amazon untuk memasok raksasa e-commerce itu dengan makanan segar dan beku untuk layanan pengiriman bahan makanan. Morrisons juga menandatangani perjanjian dengan Ocado di mana itu akan dapat menjual bahan makanan melalui layanan pengiriman. Namun, saham Ocado naik lebih dari 5 persen.

Sektor sumber daya dasar naik, dibantu oleh Randgold Resources yang naik berkat harga emas lebih tinggi pada hari Senin.

Di sisi pendapatan, Bunzl melaporkan kenaikan laba bersih setahun penuh, mengirimkan saham sedikit lebih tinggi.

Sore ini akan dirilis data indikator ekonomi Inflation Rate kawasan Euro (YoY) Flash Februari yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan bukukan hasil penurunan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak turun jika hasil inflasi terealisir turun, namun tetap akan memperhatikan pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street, yang juga dapat menentukan pergerakan bursa Eropa.