SOLID GOLD BERJANGKA – Dalam investasi trading berjangka, bekerjasama dengan perusahaan pialang berjangka merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan. Segala transaksi yang dilakukan investor terjadi lewat perusahaan tersebut, diwakili oleh pihak yang disebut wakil pialang atau pedagang berjangka. Dengan makin populernya investasi trading berjangka, banyak perusahaan pialang yang mulai beroperasi di Indonesia dan mencari nasabah baik di kalangan individual maupun kelompok.

Dengan beragam produk yang dijadikan komoditas dalam trading serta seluk-beluk transaksinya, tidak mengherankan jika jenis investasi ini menjadi sangat populer bagi mereka yang menggemari jenis investasi yang agresif dan bisa mendatangkan keuntungan besar. Walau membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai bisa mendapat keuntungan dan bahkan harus merugi, bekerjasama dengan perusahaan trading terbaik bisa membantu mendapatkan penghasilan pasif yang besar.

Agar bisa mendapat keuntungan tersebut, para calon investor harus berhati-hati dalam hal memilih perusahaan pialang berjangka yang hendak dijadikan platform investasi. Jangan sampai memilih perusahaan yang kesannya bermutu padahal ternyata benar-benar hanya melakukan spekulasi murni tanpa ada dasar teknis sehingga tak beda jauh dengan judi.Berikut adalah beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam hal memilih perusahaan pialang berjangka terbaik untuk investasi trading berjangka.

 

Cermati Ketentuan Penarikan Dana Nasabah

Pemerintah lewat badan terkait menetapkan bahwa perusahaan pialang harus mewujudkan permintaan penarikan dana investor atau nasabah paling lambat setelah 3 hari kerja bank, dan jika lebih dari itu berarti Anda patut curiga. Pasalnya, waktu penarikan dana nasabah ini ditentukan sebagai aturan untuk menghindari penyalahgunaan dana oleh perusahaan. Plus, dana Anda harus mereka taruh di rekening terpisah, jadi cek dulu apakah rekeningnya terpisah atau tidak.

 

Perhatikan Bahasanya Saat Memberitahu Soal Komisi

Para pialang dan pialang berjangka mendapatkan penghasilan dari komisi, yang berasal dari transaksi yang Anda lakukan. Hal ini berlaku dimana saja baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sayangnya, masih banyak orang yang terkecoh dengan bayangan bahwa jika perusahaan pialang tidak minta komisi, berarti perusahaan itu akan membuat si nasabah untung. Hal tersebut konyol dan mustahil, dan bisa jadi merupakan asal praktik penipuan atau usaha putus asa dari pialang berjangka yang hampir bangkrut.Perusahaan yang ngotot berkata bahwa komisi mereka paling kecil dari perusahaan lain sejenis dan terus menekankan hal ini berulang-ulang juga sebaiknya diwaspadai.

 

Perhatikan Harga yang Ditawarkan

Dalam melakukan transaksi berjangka, Anda menjual dan membeli berdasarkan harga yang berlaku di bursa pada saat transaksi berlangsung. Anda kemudian bisa mendapatkan order membeli ketika harga yang Anda pasang benar-benar tercapai sebelum waktu transaksi berakhir. Jika tidak, maka tentu saja pembelian tidak akan terjadi. Hal ini akan membantu Anda menghindari kerugian dan transaksi yang tak diinginkan.

Perusahaan pialang berjangka yang tidak jujur akan membuka harga di posisi yang lebih tinggi daripada harga bursa aslinya, dan sialnya, kebanyakan nasabah biasanya tak ambil pusing karena menganggap perbedaannya terlalu kecil untuk dipermasalahkan dan mereka biasanya tak ingin repot. Padahal, ini merupakan pertanda buruk untuk mulai menginvestasikan uang Anda.

 

Biaya Overnight Lebih Baik dari Biaya Swap

Biasanya, jika belum ada kesepakatan harga pembelian sampai hari berikutnya, Anda akan dikenakan biaya overnight, seperti semacam biaya ‘sewa inap.’ Hal ini wajar, namun ada juga perusahaan yang menawarkan biaya swap yang lebih mahal dan diambil dari persentase bunga. Hal ini berbeda dengan biaya overnight yang sudah dipatok secara resmi. Lebih baik pilih yang menawarkan biaya overnight.Dengan memilih perusahaan pialang berjangka yang tepat, resiko rugi yang tak perlu bisa dikurangi.