LSE_logo_costruzC

SOLID GOLD BERJANGKA – Terjadi penarikan dana besar-besaran dari bursa saham Inggris  seiring investor mengantisipasi pelaksanaan referendum mengenai masa depan keanggotaan Ingris di Uni Eropa pada pekan depan.

Dalam seminggu terakhir terjadi penarikan dana di saham-saham yang tercatat di bursa saham Inggris hingga $1,1 miliar atau outflow mingguan terbesar dalam setahun, dengan demikian telah terjadi penarikan dana selama delapan minggu berturut-turut di saham, sementara di obligasi pemerintah Inggris terjadi penarikan dana pertama kali sejak Mei lalu, demikian hasil penelusuran oleh lembaga EPFR.

Hampir $3 miliar terjadi penarikan dana dalam 8 minggu seiring kampanye Keluar dari Uni Eropa terus menguat. Empat dari lima survei yang dirilis pekan lalu menunjukkan kelompok pro Keluar dari Uni Eropa unggul.

Kekhawatiran menyelimuti investor, dengan bursa AS dan Eropa juga ikut terpuruk. Indeks  FTSE 100 telah terkoreksi hingga  4,5 persen sejak awal Juni, kinerja bulanan terburuk sejak Agustus lalu.

“Hingga pekan lalu tidak ada banyak risiko atau volatiltias yang meningkat pesat,” ujar  Marc Bushallow, managing director  fixed income di asset manager Manning & Napier. “Namun sekarang Anda melihat risiko naik signifikan dan merembet ke obligasi dan volatiltas naik pesat.