SOLID GOLD BERJANGKA – Di tengah kuatnya dollar AS terhadap banyak rival utamanya pada sesi Eropa hari Senin (8/8), kurs euro berhasil rebound dan berusaha memangkas pelemahan 3 hari berturut sebelumnya. Tenaga yang mengangkat euro sore ini dari 2 data ekonomi yang dirilis, yaitu data produksi industri Jerman dan data sentimen konsumen oleh Sentix.

SOLID GOLD BERJANGKA – Kedua data tersebut menunjukkan data yang positif, namun data yang memberikan tenaga kuat setelah awal sesi Eropa tertekan oleh kekuatan fundamental dollar AS yaitu data kepercayaan konsumen kawasan Euro yang melonjak dari skor 1,7 menjadi 4,2 pada periode terkini. Data ini membuat euro berusaha memangkas pelemahan pekan lalu.

Pergerakan kurs euro di sesi Eropa (10:30:35 GMT) sedang bergerak kuat  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah   dari perdagangan sebelumnya pada   1.1083  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  Euro alami  penguatan 4 pips   dan nilai bergulir  berada pada 1.1087.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD dapat terkoreksi ke kisaran   1.1072 – 1.1033. Namun jika tidak sampai kisarantersebut dapat naik kembali ke  kisaran  1.1117-1.1145.

Pada sesi perdagangan siang hari ini, data produksi industri negara Jerman bulan Juni menanjak ke 0.8 persen secara bulanan, sesuai dengan ekspektasi. Data tersebut naik dari sebelumnya hanya -0.9 persen, sedangkan untuk produksi industri di negara Jerman secara tahunan merangkak naik ke 0.5 persen dari -0.4 persen di bulan Mei. Selain data tersebut, adapun dta produksi dalam industri yang tidak termasuk energi dan konstruksi juga mampu meningkat sebesar 1.5 persen.

Sementara itu, produksi barang-barang konsumsi negara Jerman naik sebesar 1.2 persen, namun produksi barang setengah jadi turun tipis 0.7 persen. Bahkan, produksi energi menurun cukup signifikan sebesar 2.7 persen dan produksi konstruksi melandai sebesar 0.5 persen.

 

Indeks Kepercayaan Investor Di Zona Euro

Selain rilis data produksi industri di negara Jerman, adapun data indeks kepercayaan bisnis investor di Zona Euro versi Sentix. Indeks ini menunjukkan outlook perekonomian di Zona Euro dalam enam bulan mendatang. Data-data untuk indeks tersebut sebelumnya dikumpulkan dari sebuah survei terhadap sekitar 2,800 investor dan analis di kawasan Zona Euro.

Rilis indeks kepercayaan bisnis investor terhadap ekonomi di Zona Euro versi Sentix hari ini mengindikasikan adanya optimisme karena indeks tersebut merangkak naik dan berada di level 4.2, melebihi ekspektasi di 3.0 dan data sebelumnya 1.7.

Sementara itu, dari sisi dolar AS, mata uang greenback tersebut mengalami penguatan pasca keluarnya data non-farm payrolls (NFP). Kondisi perekonomian di AS ini berhasil membuka lapangan pekerjaan baru sebanyak 255,000 untuk bulan Juli, jauh diatas estimasi analis yang memprediksi di kisaran 180,000 saja, meskipun masih dibawah rilis NFP bulan Juni lalu yang sebanyak 292,000. Membaiknya data dari pasar ketenagakerjaan di AS menunjukkan bahwa keadaan perekonomian negeri tersebut mulai berangsur pulih.