Dollar lanjutkan Rallysolid gold berjangka. Dollar kembali menguat terhadap yen di awal pekan bulan November, memperpanjang rally pada pekan lalau setelah Bank of Japan mengucurkan stimulus moneter tambahan yang menekan nilai tukar yen.

BOJ mengejutkan pasar pada hari Jumat dengan menaikkan monetary base menjadi 80 triliun yen per tahun, dari sebelumnya 60 triliun – 70 triliun yen. Penambahan stimulus moneter tersebut dilakukan untuk mencapai target inflasi sebesar 2%, dan bank sentral Jepang tersebut mengatakan akan melakukan penyesuaian kebijakan jika diperlukan.

Yen yang dipandang sebagai safe haven semakin terpukul setelah Government Pension Investment Fund Jepang mengatakan akan menambah kepemilikan saham domestik maupun asing, dua kali lipat dari sebelumnya, dan berinvestasi di aset alternatif.

Sebaliknya pada pekan Federal Reserve memutuskan untuk mengakhiri program pembelian obligasi per bulan atau yang dikenal dengan quantitative easing (QE), dan memberikan sinyal optimis ke pasar bahwa bank sentral AS tersebut tidak terlalu khawatir dengan pelambatan ekonomi global, inflasi yang rendah dan gejolak pasar keuangan. Fed juga menambahkan jika perekonomian terus meningkat lebih cepat dari ekspetasi maka kenaikan suku bunga pertama dapat terjadi lebih cepat dari yang diharapkan.

USDJPY diperdagangkan pada kisaran 112.72 pada pukul 08.50, setelah sempat memyentuh level tertinggi harian 112.97 dan terendah 112.63