euro7

solid gold berjangka. Emas berjangka berakhir di atas $1,300/onz untuk pertama kalinya sejak bulan Agustus setelahEuropean Central Bank memperluas langkah stimulusnya, meningkatkan permintaan untuk logam mulia sebagai aset haven.

Presiden ECB Mario Draghi mengatakan bahwa bank akan membeli obligasi pemerintah sebesar 60 milyar euro per bulan sampai September 2016. Sebelumnya Dewan Eksekutif mengusulkan pembelian obligasi sebesar 50 milyar euro ($58 milyar) per bulan sampai Desember 2016, menurut dua pejabat bank sentral kawasan euro.

Emas naik hampir 10% pada tahun ini di tengah stagnannya ekonomi telah menantang para pembuat kebijakan untuk menghasilkan cara terbaru untuk menopang pertumbuhan. Euro turun ke level terendah 11 tahun terhadap dollar karena European Central Bank memperluas program pembelian yang termasuk obligasi pemerintah, meningkatkan permintaan untuk emas sebagai aset alternatif terhadap mata uang uang di nilai kembali.

“Ukuran dari paket tersebut adalah kejutan yang positif untuk pasar emas, dan kita melihat peningkatan pembelian aset safe haven setelah kejatuhan mata uang euro,” kata David Meger, direktur perdagangan logam mulia di HighRidge Futures LLC di Chicago. “Emas akan terus di buru pada lingkungan suku bunga rendah.”

Emas berjangka Februari naik sebesar 0.5% untuk settle di $1,300.70/onz di Comex Nymex. Harga emas yang nilai dengan mata uang euro melonjak ke level tertinggi sejak April 2013, memperpanjang penguatannya menjadi 17%.

Setelah menghindari emas untuk dua tahun terakhir, investor saat ini tampaknya mulai kembali ke logam mulia di tengah kecemasan bahwa pertumbuhan AS tidak akan cukup untuk imbangi pelemahan di ekonomi negara lainnya.

Jhon Stephenson, CEO di Stephenson & Co. Capital Management di Toronto mengatakan bahwa saat ini ada banyak ketidakpastian dan keputusan dan ECB telah menekankan pada keadaan tersebut