gold5solid gold berjangka. Emas terpantul dari teritori negative menjelang pembukaan sesi Wall Street hari Rabu akibat kecemasan exit Yunani dari zona Euro yang kembali mencuat ditengah kejatuhan indeks saham Yunani lebih dari -18% dari level tertingginya hari Senin awal pekan, sementara yield obligasi Yunani pada tenor 3-tahun meroket ke 9.35%.

Sentimen pengalihan resiko akibat situasi Yunani memicu pengalihan resiko para investor ke logam mulia seperti Emas dan Perak. Terpantau sejauh ini harga spot Emas menguat 0.03% ke level $1,230.94 per troy ons, menjauhi titik terendah hariannya di $1.225.16 per troy ons.

Ketakutan situasi Yunani adalah potensi kemenangan anti zona Euro partai Syriza Yunani menyusul perkembangan di parlemen Yunani yang memutuskan voting Presiden baru Yunani yang dipercepat dari jadwal.

Di satu sisi, situasi Yunani yang memburuk serta kejatuhan harga minyak lebih dalam akibat komentar pejabat OPEC berpotensi memaksa ECB untuk menambah stimulus sehingga harga Emas terpantul dari teritori negative yang sempat tertekan akibat rilis data inflasi China yang mengecewakan.