goldHarga emas jatuh di London pada spekulasi bahwa kenaikan hingga mencapai puncak dua bulan tertinggiakan memacu penjualan dari investor. Platinum turun setelah selesainya pemogokan di penambangan Afrika Selatan dan telah kembali bekerja.

Index kekuatan relatif (RSI) emas 14-hari sejak 19 Juni berada di atas atau di dekat level 70 yang menunjukkan bahwa harga telah terlalu tinggi dan mungkin akan turun. Hari ini berada di level 64,9. Logam kuning tersebut naik 3 persen pekan lalu setelah Federal Reserve mengatakan akan mempertahankan suku bunga mendekati nol untuk sementara waktu yang cukup, bahkan setelah mengakhiri program pembelian obligasi.

Bullion siap untuk kenaikan kuartalan pertama sejak 2011, kekerasan di Irak dan ketegangan di Ukraina mendorong permintaan safe haven. Pemberontak Irak makin mengukuhkan wilayah kekuasaannya disebagian wilayah Irak, menurut pejabat AS. Departemen Pertahanan menyebutkan sebuah pasukan kecil AS telah mulai beroperasi di Irak untuk mengumpulkan intelijen dan mendirikan pusat operasi di Baghdad.

Menurut harga generik emas Bloomberg untuk pengiriman segera turun 0,3 persen menjadi $ 1,313.90 per ounce pada pukul 9:37 di London. Ini mencapai $ 1,325.95 kemarin, tertinggi sejak 15 April. Emas untuk pengiriman Agustus turun 0,5 persen menjadi $ 1,314.50 di Comex, New York. (vck)

Sumber: Bloomberg