Tugas utama FOMC adalah menjaga JANET YELLENtingkat uang yang beredar di masyarakat (money supply) dalam kaitannya dengan tingkat inflasi dan suku bunga. Untuk menjalankan tugasnya tersebtu, FOMC memiliki beberapa cara seperti dengan menaikan atau menurunkan suku bunga, melakukan penjualan/pembelian produk sekuritas pemerintah seperti surat utang atau obligasi.

Pertemuan FOMC diadakan delapan kali dalam setahun, dan pertemuan tersebut secara rutin membahas tentang kondisi ekonomi dan keuangan pada saat periode yang sedang berjalan, dan juga memutuskan untuk menaikan atau menurunkan tingkat suku bunga Amerika Serikat.

Selain itu pertemuan FOMC juga membahas tentang jumlah uang yang tersedia dan beredar di masyarakat (money supply), dan juga memutuskan untuk membeli atau menjual saham dan obligasi pemerintah. Sebagai contoh, untuk menarik atau memperkecil uang yang beredar di masyarakat atau bank(tabungan), FED akan menjual saham pemerintah.

FOMC juga kerap kali melakukan “pertemuan rahasia”, yang sering kali menjadi ajang para spekulan menebak arah pasar, apakah akan ada kenaikan suku bunga atau penurunan atau tetap.

Pemilihan Presiden FED (Fed Presidents Voting Schedule)

Pertemuan FOMC juga melakukan pemilihan Presiden FED yang mewakili negara-negara bagian tertentu.

 

Khusus untuk Presiden FED New York, mendapat referensi khusus untuk melanjutkan tugasnya tanpa perlu dirotasi. Sedangkan untuk Presiden FED wilayah lain dilakukan rotasi (peralihan jabatan) dari tahun ke tahun.
FOMC Minutes dirilis pada pukul 14.00 Wib kecuali ditulis lain.
Catatan: Data diatas masih bersifat tentatif sampai rilis resmi diumumkan menjelang jadwal meeting. Data disusun pada tanggal 20 Juli oleh dewan Gubernur.

FOMC Minutes

Pertemuan ini dilakukan (kira-kira) tiga minggu setelah FOMC Meeting. FOMC Minutes merupakan pengumuman penjelasan dari setiap meeting FOMC sebelumnya dan alasan-alasan terhadap kebijakan yang diambil.
Dalamg FOMC meetings kerapkali menimbulkan ekspektasi dari para trader. Namun karena hanya bersifat meeting maka hasilnya sangat berkaitan dengan topik dan anggotanya. FOMC meeting kadang menghasilkan pergerakan besar pada mata uang utama namun bisa juga sebaliknya ketika memang isi pertemuan hanya bersifat formalitas.

Keputusan yang paling ditunggu oleh para spekulan adalah keputusan FOMC mengenai tingkat suku bunga. Sering kali kenaikan mata uang bukan saja disebabkan naik/turunnya suku bunga tetapi semata-mata karena FOMC baru saja mengindikasikan suku bunga akan dinaikkan/diturunkan. Kejadian ini menimbulkan over demand atau sebaliknya panic selling pada market yang berakhir pada terkoreksinya mata uang.