Yen menguat tipis di sesi Asia

SOLID GOLD BERJANGKA – Yen menguat tipis di awal sesi Asia pada hari Jumat pagi menjelang data harga produsen.

USD/JPY melemah tipis di 107,04, turun 0,05%, sedangkan AUD/USD diperdagangkan pada 0,7434, naik 0,05%.

Di Jepang, Data PPI untuk bulan Mei lalu diperkirakan menurun 4,2% tahun-ke-tahun dandiperkirakan kenaikan 0,1% bulan-ke-bulan.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap kelompok enam mata uang utama lain, terakhir dikutip pada 94,10.

Semalam, dolar terdorong lebih tinggi terhadap mata uang utama lainnya pada Kamis kemarin, terdongkrak naik dari level terendah lima minggu setelah rilis data klaim pengangguran AS membaik yang mendorong optimisme atas kekuatan ekonominya.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan jumlah orang yang mengajukan tunjangan pengangguran awal pada pekan yang berakhir 4 Juni mengalami penurunan sebesar 4.000 untuk 264.000 dari total pekan sebelumnya sebesar 268.000, yang direvisi naik dari perkiraan awal 267.000.

Para analis telah memperkirakan klaim pengangguran naik 3.000 menjadi 270.000 pekan lalu.

Greenback melemah di awal pekan ini, karena pasar menghapus kembali harapan tentang waktu kenaikan suku bunga berikutnya oleh bank sentral AS setelah laporan pekerjaan yang suram pada Jumat lalu untuk bulan Mei, yang menunjukkan tingkat paling lambat dari pertumbuhan pekerjaan sejak September 2010.

Pidato Ketua Fed Janet Yellen, Senin menunjukkan bahwa suku bunga tidak akan naik sampai ketidakpastian atas prospek ekonomi dapat teratasi.

Fed menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade di bulan Desember.