Hamilton Tercepat di GP Hongaria

SOLID GOLD BERJANGKA – Juara dunia bertahan Lewis Hamilton kembali tampil sebagai pembalap tercepat dalam latihan terakhir GP Inggris hari Sabtu (9/7). Latihan sempat dihentikan setelah pembalap tim Sauber kecelakaan dan dilarikan ke rumah sakit.

Pembalap tuan rumah yang bernaung di tim Mercedes Lewis Hamiton menyapu bersih semua sesi latihan bebas sejak hari Jumat. Pada latihan ketiga sesi ini ia berada di depan rekan setim yang juga saingannya Nico Rosberg.

Sementara tim Mercedes tampil dominan, pembalap Ferrari Sebastian Vettel memiliki awal yang buruk di trek yang sedang basah, ketika ia mengatakan kepada tim melalui radio setelah lap terakhirnya, “Saya pikir girboks rusak lagi nih,”

Pada GP Austria pekan lalu, Vettel menerima penalti mundur lima posisi start akibat ganti girboks.

Tempat ketiga diisi pembalap tim Red Bull Daniel Ricciardo yang kalah cepat 1,5 detik dari Hamilton. Rekan setimnya Max Verstappen, berada di urutan keempat.

Sesi latihan terakhir ini sempat dihentikan selama 18 menit. Petugas sirkuit membersihkan puing-puing dan memperbaiki pagar pembatas sirkuit, setelah pembalap tim Sauber Marcus Ericsson mengalami kecelakaan hebat saat latihan tinggal 20 menit.

Untunglah pembalap asal Swedia itu bisa keluar dari mobil yang rusak parah tanpa bantuan. Ericsson tidak terluka dalam kecelakaan itu, namun tim Sauber menyebut ia dilarikan ke rumah sakit untuk check-up rutin.

Pembalap muda asal Indonesia yang balapan bersama tim Manor Racing, Rio Haryanto ada di urutan 20, di depan Ericsson dan rekan setimnya Pascal Wehrlein.

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, sukses jadi juara di GP Hongaria 2016. Hasil ini juga mengantarkan Hamilton ke puncak klasemen pebalap.

Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, memenangi balapan F1 di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada. Hamilton dibuntuti pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, di posisi kedua, dan pembalap Williams, Valtteri Bottas.

Kemenangan Hamilton itu merupakan yang kelima kalinya di Montreal. Pembalap asal Inggris itu juga mencetak dua kemenangan beruntun setelah pada seri sebelumnya di Monako berhasil menyabet puncak podium.

Dengan kemenangan itu, Hamilton pun memangkas jaraknya dengan Rosberg menjadi sembilan angka saja di klasemen sementara.

Dari total 21 pembalap yang berlaga, 19 pembalap berhasil menyentuh finis. Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, menempati posisi terakhir pada balapan yang berlangsung Ahad dinihari itu. Rio kembali gagal mendapatkan poin dalam balapan kali ini.

Pembalap yang tak berhasil menyentuh garis finis adalah pembalap McLaren asal Inggris, Jenson Buton, karena mesinnya terbakar. Sedangkan pembalap Inggris lainnya dari tim Renault, Jolyon Palmer, juga gagal menyentuh garis finis.

Pembalap Williams asal Brasil, Felipe Massa, juga gagal menyentuh garis finis, dan hal ini membuat GP Kanada menjadi tempat pertama kali di mana Massa gagal mendapatkan poin di musim balapan tahun ini.

Daftar 10 pembalap yang berhasil finis di posisi depan:
1. Lewis Hamilton (Mercedes)
2. Sebastian Vettel (Ferrari)
3. Valtteri Bottas (Williams)
4. Max Verstappen (Red Bull)
5. Nico Rosberg (Mercedes)
6. Kimi Raikkonen (Ferrari)
7. Daniel Ricciardo (Red Bull)
8. Nico Hülkenberg (Force India)
9. Carlos Sainz (Toro Rosso)
10. Sergio Pérez (Force India)

Klasemen sementara lima besar pembalap F1 setelah GP Kanada:
1. Rosberg (Mercedes) – 116
2. Hamilton (Mercedes) – 107
3. Vettel (Ferrari) – 78
4. Ricciardo (Red Bull) – 72
5. Raikkonen (Ferrari) – 69