SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR – Kepala PPATK Muhammad Yusuf dijadwalkan akan menggelar rapat dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri hari ini. PPATK juga sekaligus akan bertemu Tim Gabungan Pencari Fakta pengakuan Freddy Budiman yang dibentuk Polri.

“Betul, tapi tertutup,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Martinus Sitompul saat dihubungi detikcom, Selasa (16/8/2016).

Martinus tidak membantah bahwa pertemuan itu terkait data hasil penelurusan PPATK tentang aliran dana Freddy Budiman dan pelaku narkoba lainnya dalam bisnis narkoba. “Kaitan dengan transaksi narkoba,” ujarnya.

Namun begitu, Martinus belum mengetahui secara pasti siapa dari pihak PPATK yang akan hadir. Pertemuan itu telah dijadwalkan sejak pekan lalu.

Selain itu, Martinus juga mengaku belum mengetahui pukul berapa tepatnya pertemuan itu dimulai. Namun hingga saat ini pertemuan belum dimulai.

“Belum ada tadi,” urai Martinus yang dihubungi detikcom pukul 07.08 WIB tadi.

Mantan Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti sedang menikmati masa purnatugas atau pensiun. Kini, dia bisa mencurahkan seluruh waktunya bersama keluarga tanpa menjalani kegiatan yang terikat. Apalagi kini ia sedang dekat dengan cucu pertamanya, Abhiraja Rashafariq Haiti.
“Lagi seneng-senengnya momong cucu. Usianya masih 5 bulan,” katanya saat ditemuiĀ Tempo di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis malam, 21 Juli 2016.

Mengenakan kemeja berlengan pendek dan sepatu kets, Badrodin terlihat sumringah dibandingkan saat menjabat sebagai orang nomor satu di Polri. Kini, dia merasa bebas dan tanpa beban. “Sudah tidak ada beban lagi sekarang,” ujarnya sembari tertawa.

Badrodin akan memasuki masa pensiun pada awal Agustus mendatang. Namun, sejak 12 Juli lalu, posisinya telah digantikan Jenderal Tito Karnavian. “Hitungannya masih jenderal aktif, tapi sudah tidak punya kantor,” tuturnya.

Pria kelahiran Jember, 24 Juli 1958, itu berencana melaksanakan ibadah haji pada September mendatang. Ia pun menolak sejumlah tawaran mengajar dan duta besar. Istrinya, Tejaningsih Haiti, sepakat tak menerima tawaran tersebut. “Saya kepengen istirahat bareng keluarga,” ucap Badrodin.