SOLID GOLD BERJANGKA – Gangguan perilaku berupa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) bisa dikenali sejak masa anak-anak. Satu hal yang jadi ciri khas gangguan ini adalah fokus anak cenderung pendek sehingga dirinya sulit diam mengikuti instruksi seperti misalnya saat di kelas.

Bagi orang tua kondisi tersebut mungkin bisa membuat pusing, namun perlu diketahui apabila ADHD dikendalikan dengan baik maka sebetulnya itu bisa jadi hal positif. Anak dengan ADHD umumnya tak bisa diam dan cepat bosan apabila tak ada rangsangan, tapi ketika ada sesuatu yang menarik maka ia bisa menjadi hiperfokus.

Psikolog Brandon Ashinoff dari University of Birmingham mendeskripsikannya seperti sebuah paradoks.

“Apa yang sering dikeluhkan orang tua umumnya seperti ini ‘saya mencoba menarik perhatian anak saya dan memanggil namanya 15 kali tapi dia tidak dengar, dia tidak merespons, karena terlalu sibuk menonton televisi atau main video game’. Nah di sini anehnya karena apabila Anda adalah orang yang mudah terdistraksi, tidak bisa fokus, apa saja seharusnya bisa mengambil perhatian Anda,” kata Brandon seperti dikutip dari situs resmi universitas, Kamis (11/8/2016).

“Kondisi itu namanya hiperfokus di mana saking tingginya konsentrasi Anda lupa waktu, menyukai apa yang Anda kerjakan dan melakukannya dengan sangat baik. Kalau Anda bermain video game, Anda akan jago bermain game. Kalau Anda bermain olahraga, Anda akan jago dalam olahraga tersebut,” sambung Brandon.

Oleh karena itu apabila seseorang bisa mengendalikan ADHD dan menemukan saluran minat yang sesuai untuknya maka gangguan ini malah bisa jadi suatu hal yang positif. Pada bidang olahraga misalnya atlet dengan ADHD akan lebih mudah konsentrasi tak terganggu dengan tekanan yang ada ketika berkompetisi.

Contoh untuk kasus ini seperti perenang Amerika Serikat, Michael Phelps. Saat masih anak-anak Phelps sebenarnya hiperaktif dan susah fokus namun kemudian semua energi dan konsentrasinya itu disalurkan lewat olahraga renang. Hasilnya kini Phelps terkenal sebagai atlet renang tercepat sedunia dan sukses meraih banyak medali emas di olimpiade.