Kinerja sector industri

Setelah melaporkan penurunan tak terduga dalam produksi industri AS pada bulan Agustus, Bank Sentral Amerika  merilis kembali data yang menunjukkan kinerja sektor industri AS meningkat lebih dari yang diharapkan sebelumnya. The Fed mencatat bahwa produksi industri rebound pada bulan September lalu.

Sesuai dengan laporan The Fed tersebut, produksi industri Amerika Serikat naik 1,0 persen pada bulan September setelah bulan Agustus sebelumnya kinerja industri tersebut kontraksi dengan  turunnya tingkat produksi  0,2 persen. Untuk indeks bulan ini sebelumnya para ekonom telah memperkirakan produksi meningkat sekitar 0,4 persen dibandingkan dengan penurunan 0,1 persen yang dilaporkan untuk bulan sebelumnya.

United States Industrial Production MoM

Sebuah peningkatan yang substansial dalam utilitas output yang memberikan kontribusi kuat  terhadap reboundnya  produksi industri, dengan utilitas produksi melonjak sebesar 3,9 persen pada September setelah naik 1,2 persen pada Agustus.

Laporan The Fed itu juga menunjukkan  output pertambangan melonjak 1,8 persen pada September setelah naik sebesar 0,3 persen pada bulan Agustus, sementara output manufaktur meningkat  sebesar 0,5 persen menyusul penurunan 0,5 persen di bulan sebelumnya.

Meskipun produksi kendaraan bermotor dan suku cadang  turun 1,4 persen pada September setelah terjun 7,0 persen pada Agustus, namun produksi manufaktur masih menunjukkan rebound. Selain itu The Fed juga mengatakan utilisasi kapasitas total industri naik menjadi 79.3 persen pada September dari revisi 78.7 persen pada Agustus.

Dan jika dihitung secara basis tahunan, The Fed mencatat  produksi industri meningkat sebesar 3,2 persen pada kuartal ketiga 2014, yang merupakan  rata-rata kenaikan kuartalan sejak akhir 2010. Untuk kuartal ketiga secara keseluruhan, output manufaktur naik pada tingkat tahunan sebesar 3,5 persen dan output pertambangan meningkat pada tingkat tahunan sebesar 8,7 persen.