PT SOLID GOLD BERJANGKA – Meski kuota data sejatinya dipakai buat apapun, tapi salah satu layanan yang paling gencar menyedotnya mungkin adalah pesan instan beserta fitur-fiturnya. Demi memberi kenyamanan bagi pelanggannya, Smartfren pun sekarang punya paket unlimited chatting dan voice call.

Seperti diketahui, chatting saat ini seakan sudah jadi aktivitas wajib yang tak bisa dikesampingkan lagi. Bahkan semenjak hadirnya fitur voice call di layanan pesan instan, pengguna seakan mendapat alternatif sambungan telepon selain melalui jalur konvensional.

Menjawab kebutuhan ini, Smartfren punya paket data yang hanya dikhususkan untuk mengakomodir layanan pesan instan beserta fiturnya. Adapun layanan yang didukungnya antara lain adalah WhatsApp, BBM, LINE, termasuk juga Facebook Messenger.

Tarifnya juga terbilang sangat terjangkau, untuk mingguan pengguna hanya perlu menyiapkan Rp 10 ribu, sementara kalau bulanan Rp 25 ribu. Dengan tariff tersebut pengguna pun bisa bebas berkirim pesan instan dan voice call ria tanpa takut kehabisan kuota.

Selain itu ada juga paket khusus YouTube. Tapi tak seperti untuk layanan pesan instan, paket Youtube ini punya kuota. Hanya saja kuota datanya memang dikhususkan untuk akses YouTube, sehingga pengguna yang hobi streaming video tapi kuota data utamanya tak ingin terganggu tak perlu kuatir lagi.

Paket khusus YouTube ini punya tarif yang sama dengan unlimited chat. Namun kuota yang diberikan paling besar adalah 1 GB untuk penggunaan selama 1 bulan dengan tarif sama-sama Rp 25 ribu.

Dibanding paket unlimited chat, entah apakah kuota YouTube sebesar 1 GB untuk satu bulan cukup untuk streaming YouTube. Meski begitu paket ini setidaknya mampu ‘menyelamatkan’ kuota data utama yang tanpa sadar bisa tersedot banyak gara-gara streaming video.

“Dengan paket YouTube ini pengguna jadi tak perlu kuatir lagi dengan paket utamanya. Ketika buka YouTube, kuota data utama tetap aman,” umbar Revie Sylviana, SVP Digital Services Smartfren, di Ubud, Bali, Jumat (12/8/2016).