Konsistensi Ahok Dipertanyakan

SOLID GOLD – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dulu menyatakan siap maju independen kini kemungkinan besar diusung parpol di Pilgub DKI 2017. Konsistensi Ahok pun dipertanyakan.

SOLID GOLD – Saat ini Teman Ahok sudah mengumpulkan sejuta KTP dukungan untuk mengusung Ahok lewat jalur independen. Namun Ahok malah menyatakan siap maju lewat parpol, Teman Ahok pun terkesan legowo. Bagi politik ini adalah preseden yang kurang baik.

“Ini kan pencapaian satu juta KTP ini menunjukkan sebagian besar masyarakat melihat ada alternatif lain model pencalonan lewat jalur independen. Dan itu menunjukkan bahwa di perkotaan semangat kerelawanan itu mulai tumbuh. Dengan majunya Ahok lewat partai itu esensinya akan hilang. Itu akan memupus semangat kerelawanan itu dan akan jadi preseden buruk ke depannya,” kata pengamat politik Arya Fernandes kepada wartawan, Jumat (24/6/2016).

Baca juga: Ahok Dulu Siap Independen, Kini Siap Diusung Parpol

https://news.detik.com/berita/3237584/dulu-siap-independen-kini-ahok-siap-diusung-parpol

Ahok seharusnya konsisten dengan apa yang sudah diucapkan. Ahok memang pernah bicara akan menempuh jalur independen jika sudah terkumpul sejuta KTP dukungan. Namun nyatanya kini berubah.

“Saya kira ini menunjukkan bahwa godaan partai itu untuk orang sekelas Ahok tidak bisa dibendung,” kritik peneliti CSIS ini.

Meskipun UU Pilkada memperberat verifikasi dukungan calon independen, seharusnya itu tidak dijadikan alasan. Bagaimanapun sejuta KTP pendukung mengharapkan Ahok maju lewat independen.

“Harusnya kalau ada agenda dia maju lewat jalur perseorangan apa pun kesulitan baik itu verifikasi faktual itu harus ditempuh oleh Ahok. Calon lain di Indonesia juga menempuh jalur independen dan menang,” tantangnya.

Menurut survei yang dilakukan Populi Center, sebanyak 33,2% warga DKI mendorong Ahok maju lewat jalur parpol. Hanya 9% yang setuju Ahok maju lewat parpol. Hanya 38,5% pendukung Ahok yang telah memberikan KTP dukungan rela Ahok maju lewat jalur parpol. Lalu apakah Ahok akan meninggalkan mereka?