Kospi Terbawa Sentimen Negatif Wall Street

kospi

solid gold berjangka. Kospi tergelincir, terbawa sentimen negatif Wall Street yang jatuh tajam semalam. Investor sepertinya khawatir dengan berlanjutnya penurunan harga minyak dan meningkatnya resiko keluarnya Yunani dari zona-euro. Jerman dan Perancis telah berikan isyarat bahwa zona-euro kini lebih siap menghadapi resiko keluarnya Yunani jika diperlukan. Kampanye untuk pemilu 22 Januari telah dimulai di Yunani dimana Perdana Menteri Antonis Samaras utarakan Yunani berpotensi keluar dari zona-euro jika partai oposisi Syriza memenangkan pemilu.

Saham perusahaan energi dan industri terkait lainnya akan kembali menjadi fokus seiring harga minyak dunia masih berkutat dekat level rendah 5 tahun di awal sesi Asia. Investor cemas kejatuhan tajam harga minyak dalam 6 bulan terakhir akan menggerogoti outlook pendapatan perusahaan energi dan industri terkait lainnya. Saham SK Innovation dan S-Oil terpantau melemah dimana masing-masing turun sebanyak 0,4% dan 1,6% di awal perdagangan.

Di lain pihak, saham Samsung Electronics turun 2,2% seiring investor menantikan laporan keuangan perusahaan yang akan dirilis pekan ini. Sementara itu, saham LG Electronics menguat 1,2% setelah perusahaan merilis smartphone terbarunya G-Flex 2. Kospi futures melemah 1,37% dan kini diperdagangkan di level 241.35