kospi

solid gold berjangka. Kospi menguat seiring investor tetap yakin akan terjaganya outlook perekonomian dunia. Data akhir pekan menunjukan inflasi tahunan AS hanya tumbuh 0,8% di Desember; menjauhi target inflasi Federal Reserve 2%. Dengan inflasi yang melambat maka ini diharapkan dapat mendorong Fed untuk tidak tergesa-gesa menaikan suku bunganya tahun ini. Di lain pihak, indeks sentimen konsumen AS melonjak ke level tinggi 11 tahun dan ini memberikan bukti tambahan akan solidnya pemulihan ekonomi Paman Sam.

Merebaknya harapan bahwa ECB akan melakukan kebijakan QE pekan ini juga turut memberikan investor harapan akan segera membaiknya kondisi perekonomian di zona-euro. ECB akan melakukan pertemuan pada Kamis, 22 Januari mendatang dimana sebagian investor mulai mengantisipasi adanya program pembelian obligasi dengan merebaknya ancaman deflasi dan resesi ekonomi di zona-euro.

Dari domestik, Seoul hari ini merilis data indeks harga produsen (PPI) Korea Selatan yang sinyalkan rendahnya tekanan inflasi. PPI tahunan mencatatkan penurunan 2,0% di Desember setelah turun 0,9% di November. Dengan tekanan inflasi yang rendah maka ini dapat memberikan ruang bagi Bank of Korea untuk menurunkan suku bunganya kembali demi menopang aktivitas perekonomian Korea Selatan. Kospi futures menguat 1,3% dan kini diperdagangkan di level 1,32%