SOLID GOLD BERJANGKA - Bisnis MLM tak melulu bereputasi buruk; ada banyak bisnis MLM yang jujur dan memiliki potensi untuk menyukseskan tanpa menjegal Anda. Akan tetapi, sama seperti bisnis lainnya, menjalankan bisnis MLM memerlukan strategi bisnis yang jauh lebih bersifat ‘keluar’ alias banyak berhubungan dengan orang lain. Pasalnya, bisnis MLM memerlukan jaringan yang kuat dan solid, dan Anda tidak bisa sukses tanpa membentuk jaringan baik itu dengan upline, downline maupun orang yang menjadi konsumen Anda.

Strategi bisnis MLM harus kuat karena bisnis MLM benar-benar mengandalkan hasil kerja keras karena keuntungan Anda ada di komisi penjualan. Apa yang berhasil Anda jual, itulah yang Anda dapatkan. Jadi, tidak ada gaji buta dalam bisnis MLM. Gunakan strategi bisnis yang ampuh dan lakukan secara konsisten sehingga bisnis MLM bisa membawa hasil. Berikut adalah beberapa strategi yang wajib dilakukan secara konsisten dalam bisnis MLM.

 

Pemahaman Akan Produk

Bisnis MLM bergantung pada promosi, penawaran dan pemasaran. Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat promosi yang meyakinkan? Pahamilah produk yang Anda jual. Jika perlu, belilah produk khusus untuk dipakai sendiri pada awal-awal Anda bergabung dengan bisnis ini. Jika Anda cukup telaten, gunakan produk tersebut sampai Anda sendiri merasakan manfaatnya, baru menawarkannya pada orang lain dengan Anda menjadi bukti hidup.

Contoh, jika Anda berminat dalam usaha suplemen diet, coba sendiri produk tersebut sesuai dengan aturan pemakaian yang disarankan. Rekam kemajuan Anda setiap hari atau minggu dengan bukti-bukti berupa foto diri dan rekaman berat badan. Jika sudah mendapat hasil memuaska, tawarkan pada orang lain. Promosi Anda pun akan jadi meyakinkan jika Anda memang sudah memahami produk tersebut.

 

Menyamakan Visi dan Misi

Strategi bisnis hanya akan berjalan baik jika Anda memiliki visi dan misi yang sama dengan anggota tim. Jika Anda adalah seorang upline di bisnis MLM atau sudah memiliki beberapa tim downline, Anda harus bisa menyamakan visi bersama di antara anggota tim Anda. Jika masing-masing sudah yakin memiliki visi yang sama, kerjasama bisa dilakukan untuk makin meningkatkan profit agar berimbas positif pada seluruh anggota tim.

 

Jangan Ragu Meniru

Yang disebut meniru di sini adalah meniru strategi para pelaku bisnis MLM yang sudah sukses lebih dulu, mungkin upline  Anda atau seseorang di dalam jaringan bisnis ini yang namanya sudah ‘melegenda.’ Kebanyakan pelaku bisnis MLM tak selalu berlatar belakang bisnis, jadi mungkin masih bingung dengan strategi dan cara berbisnis yang harus dilakukan. Dengan meniru strategi bisnis yang sudah pasti berhasil, Anda akan mulai melihat hasilnya.

Hal ini harus diimbangi dengan belajar dan menambah wawasan seluk-beluk bisnis yang diikuti. Dengan demikian, Anda akan bisa menemukan strategi bisnis yang paling tepat untuk Anda sendiri di masa depan. Plus, dengan meniru, Anda mau tidak mau akan berinteraksi dengan upline maupun konsumen sehingga jaringan dapat dipertahankan.

 

Gunakan Teknologi untuk Pemasaran

Bisnis MLM jaman sekarang rata-rata dijalankan dengan sistem teknologi seperti lewat sosial media, lewat blog dan situs, promosi di situs video, bahkan sistem jaringan pemasaran khusus seperti yang diterapkan salah satu bisnis produk kecantikan Eropa di Indonesia. Siapapun Anda, bersiaplah memanfaatkan teknologi untuk berbisnis MLM karena Anda akan ketinggalan jika tidak memulainya. Teknologi informasi saat ini merupakan sarana paling pas untuk membangun jaringan dengan cepat. Strategi bisnis MLM tak akan sukses tanpa jaringan bisnis yang kuat, jadi lakukan segala cara untuk memperkuat jaringan bisnis Anda.