minyak berbalik

 

SOLID GOLD BERJANGKA – Minyak langsung berbalik menguat setelah Energy Information Administration (EIA) melaporkan penurunan stok minyak AS. Meski demkian penguatan masih terlihat terbatas akibat munculnya kembali kecemasan akan oversupply.

EIA melaporkan stok minyak mentah AS turun sebanyak 933.000 barel menjadi 531,5 juta barel dalam sepekan yang berakhir 10 Juni. Data tersebut berlawanan dengan laporan American Petroleum Institute (API) yang menunjukkan kenaikan stok sebanyak 1,2 juta barel. EIA juga melaporkan persediaan bensin turun 2,6 juta barel, sementara minyak distilasi berkurang 800.000 barel. Produksi minyak AS berkurang sebanyak 29.000 barel per hari, setelah pada pekan lalu menunjukkan kenaikan.

Goldman Sachs memperkirakan pemulihan harga minyak akan tertahan akibat produksi minyak yang akan kembali normal. Kanada akan memulai kembali produksinya pasca mengalami kebakaran hutan, begitu juga dengan prospek pulihnya produksi Kanada. Output dari OPEC juga diperkirakan akan meningkat.

Minyak pada pukul 22.57 diperdagangkan dikisaran 48.33 WIB.