SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR – Kasus smartphone overheat (panas berlebih) sehingga mengakibatkan ledakan kembali terjadi. Korban terbaru adalah seorang pria pengguna Nexus 6P.

Kejadian ledakan ini pun tercatat menjadi yang pertama bagi Nexus 6P. Sebelumnya, perangkat besutan Google dan Huawei ini tak pernah mendapat pemberitaan yang aneh-aneh, apalagi sampai meledak.

Melalui situs Reddit, akun dengan nama yamz66 menceritakan bagaimana ponsel kesayangannya itu sampai meledak. “Sekitar pukul 3 pagi aku terbangun oleh sebuah ledakan kencang dan seketika muncul asap tebal, percikan, dan kilauan cahaya merah yang keluar dari ponselku,” tuturnya dikutip detikINET dariUbergizmo, Selasa (16/8/2016).

Ponsel tersebut dibeli pada bulan November 2015 lalu. Dan selama hampir satu tahun itu, sang pemilik mengaku selalu menggunakan charger resmi USB Type-C milik Google, baik itu kabel maupun kepala charger.

“Sekarang (ponsel) benar-benar terpanggang, layarnya keluar dan (bagian) dalamnya hangus. Casing Ringke Fusion yang dipasang pun meleleh,” sesalnya.

Belum jelas penyebab Nexus 6P nahas itu bisa sampai terbakar dan meledak. Sang pemilik pun telah menghubungi Google Kanada dan dijanjikan bakal diberikan unit baru.

secara resmi smartphone Nexus 6P garapan Huawei dan Google kini telah resmi diperkenalkan ke publik dan akan segera tersedia untuk pasar global dalam waktu dekat ini. Selain itu, saat ini diketahui juga bila produk tersebut mengusung cassing dengan bahan metal yang mengusung konsep Unibody. Perangkat ini akan tersedia dalam beberapa varian yang dibedakan oleh kapasitas penyimpanan internal, yakni versi 32Gb, 64Gb, dan juga 128Gb.

Dengan tersedia tiga piliha kapasitas penyimpanan internal, maka smartphone ini tidak akan mendukung slot microSD sebagai media ekspansi. Oleh karena itu, untuk konsumen yang menginginkan smartphone Huawei Nexus 6P ini dengan penyimpanan data yang lebih luas harus merogoh kocek lebih dalam. Dari informasi yang kami dapatkan, perangkat ini akan menyasar segmen kelas atas sebagai target marketingnya dengan banderolan harga cukup mahal.

Sementara untuk spesifikasi Huawei Nexus 6P mengusung layar 5.7″ inci beresolusi QHD 2560×1440 piksel, layar yang digunakan mendukung teknologi Amoled dengan kerapatan mencapai 518 piksel per inci. Tidak hanya itu saja, sebab perangkat ini juga sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 4 sebagai anti goresnya. Tidak cukup sampai disitu, Huawei juga membekali Flagship ini dengan OS android 6.0 Marshmallow sebagai sistem operasinya dengan jaminan update selama dua tahun langsung dari Google.

Bila konsumen merasa belum puas sampai disitu, spek ponsel ini juga menawarkan dapur pacu tangguh lewat chipset Qualcomm Snapdragon 810 yang diusungnya. Chipset tersebut mengusung prosesor octa core dengan terdiri dari quad core ARM Cortex-A53 1.5Ghz dan quad core ARM Cortex-A57 2Ghz. Tentunya untuk menghasilkan performa yang lebih baik sudah ditambahkan pula memori RAM dengan kapasitas sebesar 3Gb. Sedangkan untuk pengolah grafis akan menggunakan GPU Adreno 430 yang merupakan salah satu pengolah grafis terbaik saat ini.

Review Nexus 6P sejauh ini sudah mencerminkan bila perangkat tersebut adalah produk papan atas, namun kehebatan dari perangkat tersebut tidak sampai disini. Beralih ke sektor fotografi terdapat kamera utama dengan resolusi 12.3MP yang disematkan dilini belakang, sedangkan untuk bagian depan mengusung kamera dengan resolusi 8MP. Melalui kedua kamera tersebut pengguna akan dapat melakukan panggilan video, foto selfie, ataupun merekam video.