SOLID GOLD BERJANGKA – Penciptaan pekerjaan AS naik lebih dari yang diperkirakan untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Juli dan upah naik, memperkuat ekspektasi pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat, dan meningkatkan probabilitas kenaikan suku bunga Federal Reserve tahun ini.

Nonfarm payrolls naik 255.000 pekerjaan setelah direvisi naik 292.000 pada bulan Juni, dengan penciptaan pekerjaan berbasis luas di seluruh sektor ekonomi, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Jumat. Selain itu, 18.000 lebih banyak pekerjaan diciptakan pada Mei dan Juni dari yang dilaporkan sebelumnya.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan payrolls meningkat 180.000 pada bulan Juli dan tingkat pengangguran mencelupkan sepersepuluh persentase poin menjadi 4,8 persen.

Tingkat pengangguran tidak berubah pada 4,9 persen karena lebih banyak orang memasuki pasar tenaga kerja.

Menyoroti kekuatan pasar kerja, rata-rata penghasilan per jam meningkat sehat delapan sen dan naik secara tahunan 2,6 persen, sementara jam kerja bertambah.

Indeks Dolar AS menguat terhadap mata uang utama setelah data, sementara imbal hasil pada utang pemerintah AS naik karena para pedagang menggenjot perkiraan untuk kenaikan suku bunga Fed akhirnya.

Saham AS membukukan hari terbaik mereka dalam satu bulan pada hari Jumat, dengan S & P 500 dan Nasdaq  ditutup pada rekor tertinggi.

Tanda-tanda kekuatan pasar tenaga kerja, khususnya kenaikan pertumbuhan upah, bisa menjadi faktor dalam pemilihan presiden AS pada November, mengingat frustrasi pemilih dengan ekspansi ekonomi yang telah meninggalkan banyak orang Amerika.

Pertumbuhan pekerjaan yang kuat bulan lalu harus memperkuat kepercayaan Fed dalam pasar tenaga kerja yang pejabat melihat seperti pada atau dekat lapangan kerja. Ketua Fed Janet Yellen mengatakan ekonomi perlu menciptakan hanya di bawah 100.000 pekerjaan bulan untuk menjaga dengan pertumbuhan penduduk.

Bank sentral AS menaikkan suku bunga untuk kenaikan pertama dalam hampir satu dekade Desember lalu, tetapi sejak itu telah diadakan tingkat stabil di tengah kekhawatiran atas inflasi AS masih rendah dan perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Mengingat berlanjutnya ketidakpastian global dan pemilihan presiden AS yang akan datang, sebagian besar ekonom mengharapkan tingkat lain kenaikan bunga hanya pada bulan Desember, namun pasar keuangan kurang yakin.

Setelah data Jumat, Fed kontrak berjangka menghargai kesempatan 46 persen dari kenaikan suku bunga pada akhir tahun ini, naik dari sekitar 34 persen.

Namun, lebih atas bank Wall Street sekarang mengharapkan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga AS pada tahun 2016 setelah laporan pekerjaan Jumat, jajak pendapat Reuters yang dilakukan pada hari Jumat menunjukkan.

Dari 21 dealer treasury utama AS yang melakukan bisnis secara langsung dengan Fed, 13 mengatakan bank sentral AS akan menaikkan suku bunga dengan target seperempat persentase poin pada akhir tahun ini, dibandingkan dengan 8 dari 15 dealer utama di jajak pendapat 8 Juli .

Tiga bank yang disurvei mengatakan Fed akan menaikkan suku pada pertemuan 20-21 September, sebuah pergeseran sedikit dari bulan lalu ketika tidak berpikir The Fed akan membuat langkah tersebut.

Peningkatan 0,3 persen bulan lalu di penghasilan per jam rata-rata meninggalkan keuntungan tahun-ke-tahun pada 2,6 persen. Rata-rata kerja mingguan meningkat sebesar 0,1 jam menjadi 34,5 jam pada bulan Juli, terbesar sejak Januari. Dengan kedua jam dan penghasilan per jam naik, take-home pay pekerja naik 0,6 persen.

Data payrolls ditambahkan ke penjualan mobil Juli di menggarisbawahi fundamental perekonomian yang mantap.Atlanta Fed saat ini memperkirakan pertumbuhan PDB mempercepat pada tingkat tahunan 3,8 persen pada kuartal ketiga, setelah rata-rata hangat 1,0 persen dalam tiga kuartal terakhir.

Kerja sektor manufaktur naik 9.000 pekerjaan pada bulan Juli setelah menambahkan 15.000 posisi pada bulan Juni. Payrolls konstruksi naik 14.000 setelah tiga bulan berturut-turut menurun. Pertambangan meneteskan lanjut 7.000 pekerjaan pada bulan Juli.

Profesional dan bisnis jasa, sektor upah yang tinggi, tambah kuat 70.000 pekerjaan bulan lalu, terbesar sejak Oktober lalu. Kerja sektor ritel meningkat sebesar 14.700 pekerjaan dan gaji di waktu luang dan sektor perhotelan naik 45.000.

Sementara-bantuan pekerjaan, pertanda perekrutan masa depan, meningkat 17.000. Kesehatan dan bantuan payrolls sosial naik 48.800 pekerjaan, memperpanjang keuntungan lumayan bulan sebelumnya. Kerja pemerintah meningkat sebesar 38.000 pekerjaan sebagai pejabat negara dan lokal meningkatkan perekrutan guru.

Rincian lainnya menunjukkan kenaikan dalam angkatan kerja, yang mengangkat tingkat partisipasi, atau pangsa usia kerja Amerika yang dipekerjakan atau setidaknya mencari pekerjaan, dengan sepersepuluh dari persentase poin menjadi 62,8 persen.

Rasio kerja-untuk-populasi meningkat menjadi 59,7 persen dari 59,6 persen pada Juni.

Tapi ukuran luas pengangguran yang mencakup orang-orang yang ingin bekerja tetapi telah menyerah mencari dan mereka yang bekerja paruh waktu karena mereka tidak dapat menemukan pekerjaan penuh-waktu naik sepersepuluh persentase poin menjadi 9,7 persen bulan lalu.