Windows-delapan

 

Untuk mendorong pengguna lama meng-upgrade OS-nya, Microsoft mungkin benar-benar akan meniupkan wacana upgrade yang menggoda. Dibandingkan dengan OS X Apple , dimana meski pun pembaruan Windows termasuk cukup cepat, namun, bagi pengguna, untuk proses upgrade tampaknya memang sebuah proses yang cukup panjang.

 

Menurut laporan media luar negeri ZDNet, dalam rangka untuk mendorong pengguna lama meng-upgrade OS-nya, mungkin Microsoft akan menyediakan upgrade gratis bagi pengguna Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 saat merilis windows 9. Namun, harap diperhatikan, untuk pengguna Windows 8 dan Windows 8.1 tidak termasuk dalam kategori upgrade gratis.

 

Ditilik dari rumor saat ini, Windows 9 akan mencakup menu Start terbaru, dengan dukungan aplikasi Metro dalam modus desktop tradisional. Meskipun Microsoft belum mengungkapkan rencana yang pasti, tetapi tersiar kabar bahwa Windows 9 akan resmi hadir pada musim semi 2015.

 

Meskipun peluncuran Windows 8/8,1 sudah cukup lama, namun kapasitasnya masih sangat terbatas. Jika dilihat dari statistik Juli lalu, porsi yang didominasi Windows 8.1 sekitar 6.56 %, turun 0.05 poin prosentase dari Juni lalu. Dan porsi yang dikuasai Windows 8 juga hanya 5.92%, lebih rendah 0.01 poin prosentase dari data bulan Juni.

 

Meskipun proporsi gabungan Windows 8 dan Windows 8.1 dalam sistem operasi desktop mencapai 12.48%, tetapi dibandingkan Windows XP yang sudah dirilis selama lebih dari satu dekade, hasil ini jelas tidak cukup memuaskan. Pada saat yang sama, pangsa Windows 7 pada bulan Juli mencapai 51.22%, naik 0,67 poin prosentase dibandingkan bulan Juni.

 

Dengan mempertimbangkan kemerosotan sistem baru, Microsoft memang perlu mengambil beberapa langkah radikal untuk memastikan Windows 9 tidak mengalami kemerosotan yang sama, dan pemberian secara cuma-cuma dari Microsoft mungkin solusi terbaik dan langsung pada pengguna.