SOLID GOLD BERJANGKA – Mungkin, perbatasan antar negara paling rumit sedunia ada di Baarle-Hertog. Perbatasan Belanda dan Belgia saling tumpang tindih di sini dalam garis yang menjalar ke mana-mana.

Baarle-Hertog dan Baarle Nassau, itulah nama lengkap 2 kota di perbatasan ini. Kota Baarle-Hertog masuk ke dalam wilayah Belgia, sementara Baarle-Nassau masuk ke dalam wilayah Belanda. Yang bikin unik dari perbatasan ini adalah, ada beberapa potongan kecil wilayah Belanda yang berada di dalam wilayah Belgia, begitu pula sebaliknya.

Dari informasi yang dihimpun detikTravel, Kamis (11/8/2016), total ada 30 buah wilayah di Baarle-Hertog dan Baarle-Nassau yang saling tumpang tindih. Daerah yang saling beririsan ini disebut dengan istilah Exclave.

Dari pengertiannya, Exclave merupakan sebagian kecil wilayah dari suatu negara yang terpisah dari wilayah utama negara tersebut. Pengertiannya hampir sama dengan Enclave, yaitu suatu wilayah kekuasaan negara yang secara keseluruhan dikelilingi oleh wilayah negara lain.

Sudah cukup bingung? Jangan dulu, di Baarle-Hertog dan Baarle Nassau ada sekitar 22 buah bagian wilayah Belgia yang dikelilingi oleh bagian wilayah Belanda. Sementara itu, masih di lokasi yang sama, ada 8 buah bagian wilayah Belanda yang dikelilingi oleh bagian wilayah Belgia.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat peta berikut di bawah. Bagian yang berwarna kuning merupakan wilayah kekuasaan Belgia. Sementara, bagian yang berwarna putih merupakan wilayah kekuasaan Belanda. Saling tumpang tindih bukan?

Wilayah yang saling tumpang tindih di Baarle-Hertog dan Baarle-Nassau ini merupakan hasil tukar guling wilayah, berdasarkan perjanjian dan kesepakatan antar kerajaan Belanda dan Belgia di Abad Pertengahan. Kesepakatan ini tetap dipatuhi hingga sekarang dan diratifikasi melalui Perjanjian Maastrich di tahun 1983.

Karena keunikannya itulah, banyak wisatawan yang penasaran dan berkunjung di Baarle-Hertog dan Baarle-Nassau. Mereka bisa dengan mudahnya, berfoto menginjakkan kaki di 2 negara sekaligus, kaki kanan ada di wilayah negara Belanda, sementara kaki kiri bisa berada di wilayah Belgia.

Batas wilayah negara di Baarle-Hertog dan Baarle Nassau pun hanya dibatasi dengan tanda silang berwarna putih saja dan terbuat dari besi. Agar makin jelas, disertakan pula tanda huruf yang menunjukkan wilayah mana itu. Huruf B kapital untuk wilayah Belgia, sementara huruf NL kapital untuk menunjukkan wilayah Belanda.

Terkadang untuk memperjelas, nomor rumah yang digunakan di Kota Baarle menggunakan gaya yang berbeda, untuk membedakan mana rumah yang masuk wilayah Belanda, mana yang masuk Belgia. Ada pula yang menambahkan bendera negara yang diikutinya di depan rumah mereka, agar traveler tidak salah.

Tidak terlihat juga penjagaan yang ketat di wilayah perbatasan ini. Masyarakat Baarle, baik itu Hertog maupun Nassau hidup rukun tanpa pernah saling bertengkar, meski berbeda kewarganegaraan.

Di Baarle, traveler bisa menemukan kehidupan bernegara yang harmonis, meski tetangga sebelah rumah kita berbeda negara dan kebangsaan. Yang lebih serunya, biasanya menjelang Perayaan Tahun Baru tiba, turis asal Belanda berbondong-bondong datang ke Baarle-Hertog.

Untuk apa? Alasannya cuma satu, mereka ingin membeli kembang api. Soalnya di wilayah Belanda aturan soal membeli kembang api lebih ketat, tidak seperti aturan di Belgia yang lebih longgar. Ada-ada saja!