SOLID GOLD BERJANGKA – Kinerja dalam suatu perusahaan dikatakan berhasil apabila tujuan yang diharapkan bisa berhasil secara maksimal. Namun tentu sajaupaya yang dilakukan untuk menuju berhasilnya suatu tujuan dibutuhkan usaha yang keras. Usaha tersebut tidak hanya didukung oleh manajer perusahaan saja, akan tetapi seluruh pihak-pihak di dalamnya. Segala upaya tersebut berupa bagaimana mengatur jalannya perusahaan, pegawai yang berkecimpung di dalamnya dan strategi  marketing produk.

Pemasaran produk menjadi faktor penting dalam majunya sebuah perusahaan,apa gunanya menciptakan sebuah produk dalam perusahaan kalau akhirnya tidak dapat dinikmati dan dirasakan manfaatnya bagi banyak orang. Produk yang dihasilkan baik itu berbentuk barang atau berupa jasa memiliki tujuan agar produk tersebut laku di pasaran sehingga mendatangkan profit dan manfaat dalam perusahaan. Strategi marketing di sini memegang peranan penting dalam mewujudkan hal tersebut, tinggal bagaimana pelaku usaha memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jalannya proses pemasaran.

Faktor tersebut dapat terjadi dalam lingkungan mikro perusahaan, yang terdiri dari pihak-pihak yang terkait langsung dalam lingkungan yang memiliki kemampuan dalam melayani pasar. Faktor-faktor tesebut dapat berasal dari unsur-unsur berikut.

– Perusahaan

Faktor yang mungkin tidak terlalu disadari yaitu internal dari perusahaan itu sendiri yaitu terdapat pada manajemen pemasaran. Bidang pemasaran harus mengikut sertakan kelompok atau bidang lainnya di perusahaan dalam merumuskan dan menyusun rencana pemasaran, seperti bidang penelitian dan survei, bidang produksi, manajemen puncak, pembelian, keuangan perusahaan dan akuntansi dan pihak-pihak lainnya yang dimiliki perusahaan agar strategi marketingyang disusun nantinya dapat diketahui dan dijalankan dengan baik dan memenuhi standar kesesuaian.

– Suppilier (pemasok)

Suppilier disini bisa termasuk kelompok atau perorangan seperti perusahaan-perusahaan lain dan individu yang menyediakan jasanya untuk memasarkan produk yang diciptakan  perusahaan dan pesaing lainnya. Selain jasa sumber daya berupa tenaga kerja, pemasok juga terkadang memberi layanan berupa penyediaan listrik, bahan bakar, peralatan, dan sarana lainnya yang dibutuhkan perusahaan. Pemasok juga dapat memberi pengaruh penting terhadap pemasaran berupa memberi informasi atau masukan mengenai kecenderungan pergerakan harga dan informasi di lapangan yang dapat mengembangkan rencana pemasaran. Selain itu perkembangan pemasok juga penting untuk diperhatikan karena mungkin saja terjadi hal-hal yang dapat menghambat kinerja strategi marketing.

– Pedagang Perantara

Perantara yang dimaksud disini adalah perusahaa-perusahaan yang membantu perusahaan lainnya dalam memprosikan produk  barang atau jasa. Tidak hanya kegiatan promosi namun distribusi barang atau jasa sekaligus penjualannya sampai ke konsumen akhir.

– Pelanggan atau konsumen tetap

Pelanggan disini adalah target pasar perusahaan yang telah menjadi konsumen atau pemakai barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan, apakah berupa lembaga, organisasi, atau individu.

– Para pesaing

Perusahaan dalam upayanya melayani pelanggan atau kelompok pasar, perusahaan tidak bekerja sendiri. Banyak perusahaan di luar sana yang juga berusaha menyediakan layanan yang baik terhadap target pasarnya. Strategi marketing yang juga diterapkan perusahaan lain tentu bersifat efisien dan juga bermutu.Sekelompok pesaing yang mengelilingi perusahaan perlu diidentifikasi dan diperhatikan dengan baik segala tindakan yang dilakukannya tidak hanya fokus pada perkembangan perusahaan saja.

– Masyarakat umum

Masyarakat umum memegang peranan yang sangat penting karena sebagai konsumen yang memberikan penilaian secara tidak langsung terhadap produk dan perkembangan perusahaan kita. Oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan masyarakat apakah mereka menyukai, merasa nyaman atau malah sebaliknya menolak kegiatan-kegiatan perusahaan.

Beberapa faktor di atas penting untuk diperhatikan khususnya dalam hal pemasaran, agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan dapat berimbas kepada perkembangan perusahaan.