Luhut: RI Bakal Jadi Top 5 Ekonomi Dunia, Jangan Jadi Looser

PT Solid Berjangka Makassar – Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengaku optimistis menatap masa depan Indonesia.

Indonesia masih memiliki pondasi yang kuat untuk bisa masuk 5 besar ekonomi dunia di 2045.

“Indonesia punya harapan, di 2045 Indonesia masuk 5 besar ekonomi dunia,” kata Luhut di Jakarta, Kamis (12/9/2019). Menurut Luhut, yang terjadi saat ini di mana perlambatan ekonomi terjadi karena kondisi global yang tidak kondusif. Indonesia yang masih bergantung terhadap komoditas menjadi susah karena ekspor dan harganya loyo.

“Kita tergantung komoditas, dan nggak ada added value. Sekarang lagi dikembangkan oleh Indonesia. […] Tapi kita cukup baik dibanding negara-negara lain. Rupiah memiliki performa yang lebih baik dibanding negara lain,” imbuh Luhut.

“Tak perlu berlebihan saat ini. Kalau ada Doktor yang bicara ekonomi jelek. Mungkin Doktor itu yang jelek. Publik saat ini masih punya confidence yang bagus.”

Luhut memang mengakui urusan birokrasi cukup rumit di Indonesia. Untuk itu pemerintah fokus membenahinya.

“Indonesia akan menjadi negara besar 2045, kita hanya nyiapin ini, jangan pesimis dengan negara maju. Orang yang pesimis adalah orang yang looser,” tutup Luhut. (dru/dru)