SOLID GOLD BERJANGKA – Cagub-cawagub DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mengaku akan memperhatikan kesejahteraan anak-anak jalanan. Saat bertemu dengan Ahok di acara live streaming Blak-blakan detikcom, salah satu anak jalanan yang menjadi host, Des Boy menceritakan soal nasib anak-anak jalanan yang masih memprihatinkan.

Di depan Ahok-Djarot, Desboy pun sempat menyindir kebijakan pemerintah.

“Kadang pemerintah bikin kebijakan soal anak jalanan tapi nggak melibatkan anak jalanan. Jadi beralih ke bajilo, bajing loncat. Banyak yang nyaplang, minta gopean ke metro mini,” kata Des Boy kepada Ahok-Djarot di acara blak-blakan Cagub & Cawagub DKI di Markas detikcom, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Senin (10/4/2017).

Pasangan petahana itu pun tertawa mendengar guyonan tersebut. Lalu Ahok menjelaskan Pemprov DKI tengah menyiapkan rumah tinggal bagi para anak jalanan maupun lansia.

“Kita juga punya pengalaman rumah sosial kita kayak penjara, maka kita siapkan yang di Ciangir, ada 92 hektar, seperti rumah. Saya juga kenal banyak anak jalanan yang rajin disekolahkan sampai lulus pun ada, yang kita didik baik-baik (tapi) yang kabur pun banyak,” ujar Ahok.

Ahok juga menceritakan pengalaman ayahnya yang pernah merawat anak jalanan sewaktu di Belitung namun akhirnya memilih kabur. Gubernur DKI nonaktif itu juga menyebut pernah membawa seorang anak jalanan dari Monas ke panti sosial namun akhirnya anak tersebut kabur juga.

“Nah untuk mengatasinya, anak jalan akan kita buka mau ijazah oke, paket juga oke. Kita kasih hak ngamen tapi terdaftar, nggak semua bus suka pengamen masuk karena menyangkut pengamanan juga. Saya lebih suka anak jalanan disekolahin,” ujarnya.

“Kami siap kok kamu nggak kerja, kita pelihara saja. Kita kasih les paket A,B,C di rusun,” tambah Ahok.

Menurut Ahok, hal ini cukup sederhana, yang terpenting membina anak-anak jalanan sesuai keterampilannya. “Kita kerjasama mau jadi santri pun kita kirim, kalau mau jadi santri,” imbuh dia.

Des Boy yang mendengarnya pun tertawa. Dia lalu membawa kenang-kenangan dari anak jalanan Jakarta Utara untuk Ahok dan Djarot.

Di kenang-kenangan tersebut ternyata sudah ada proposal permintaan untuk merenovasi sanggar seni tempat Des Boy dan teman anak jalanannya bermain musik.

“Lah ini udah proposal. Ya sudah, ini aku langsung suruh kirim orang beresin. Aku beresin semua,” seru Ahok.

“Beneran nih Pak?” tanya Des Boy.

“Ntar ajudan gue yang ngurus, se-enggak-nya lu udah punya bekingan gubernur,” jawab Ahok.

Des Boy pun tertawa dan bertepuk tangan. Ahok dan Djarot pun ikut tertawa melihat tingkahnya.