SOLID GOLD BERJANGKA – Pemerintah Inggris telah menutup kedutaannya di Ankara, ibukota Turki hari ini. Penutupan dilakukan karena alasan keamanan.

“Kedutaan Inggris di Ankara akan ditutup untuk publik pada Jumat, 16 September karena alasan keamanan,” demikian pernyataan Kantor Persemakmuran dan Luar Negeri Inggris di situs resminya seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (16/9/2016).

Tidak disebutkan lebih detail mengenai alasan penutupan kedutaan.

Warga Inggris juga diingatkan untuk tidak bepergian ke radius 10 kilometer perbatasan Suriah dan Diyarbakir, kota terbesar di Turki tenggara yang mayoritas penduduknya Kurdi. Kota tersebut telah dilanda gelombang kekerasan sejak berakhirnya gencatan senjata antara pemerintah Turki dengan kelompok Kurdi terlarang, Kurdistan Workers Party (PKK) tahun lalu.

Sebelumnya Kedutaan Inggris tersebut telah ditutup sejak Senin (12/9) hingga Kamis (15/9) karena libur Idul Adha pekan ini.

Turki telah berulang kali menjadi target serangan-serangan militan, baik ISIS maupun Kurdi. Bulan lalu, seorang pengebom bunuh diri menewaskan lebih dari 54 orang di acara pernikahan di kota Gaziantep, Turki tenggara. Di antara korban tewas termasuk 22 anak-anak. Kelompok radikal ISIS diyakini mendalangi serangan bom paling mematikan di Turki tahun ini tersebut.