SOLID GOLD BERJANGKA – Pasar di Eropa bergerak lebih tinggi pada awal perdagangan Jumat (13/01) karena investor mencerna data dari Tiongkok dan menantikan laporan pendapatan perusahaan dari AS.

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 naik sebesar 0,45 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor dan bursa perdagangan positif.

Indeks FTSE berada pada 7.322,21, naik 29,84 poin atau 0,41%

Indeks DAX berada pada 11.573,98, naik 52,94 poin atau 0,46%

Indeks CAC berada pada 4.887,14, naik 23,17 poin atau 0,48%

Indeks IBEX 35 berada pada 9.442,10, naik 34.70 poin atau 0.37%

Sektor otomotif adalah pemain terbaik, naik lebih dari 1,2 persen. Saham Fiat-Chrysler naik lebih dari 7 persen pada hari Jumat setelah penurunan tajam di sesi sebelumnya. Environmental Protection Agency AS menuduh produsen mobil ilegal menggunakan software tersembunyi untuk memungkinkan emisi diesel berlebih pada Kamis tetapi CEO Sergio Marchionne mengatakan berita tersebut tidak akan mempengaruhi target keuangan perusahaan, menurut laporan di Italia.

Sementara itu, saham perawatan kesehatan bergerak lebih tinggi pada hari Jumat pulih dari pernyataan yang dibuat awal pekan ini oleh Presiden terpilih AS Donald Trump yang menyatakan farmasi “getting away with murder.”

Sektor sumber daya dasar merosot pada data baru yang menunjukkan ekspor Tiongkok turun pada bulan Desember. Impor naik 3,1 persen pada permintaan untuk komoditas tapi ini turun dari pertumbuhan 6,7 persen di bulan November.

Saham Ubi Banca lebih tinggi pada hari Jumat setelah investor menyetujui peningkatan modal dan penawaran tawaran bernilai simbolis € 1 untuk membeli tiga bank Itali lebih kecil.

Saham Technicolor tenggelam di awal perdagangan, dengan lebih dari 20 persen, setelah disajikan keuntungan multinasional Prancis lebih buruk dari yang diperkirakan untuk 2016.

Dengan kurangnya pendapatan di Eropa, investor cenderung untuk fokus pada AS di mana JPMorgan Chase, Bank of America dan Wells Fargo merilis angka kuartal keempat mereka.

Malam nanti akan dirilis data Retail Sales Desember dan Michigan Consumer Sentiment Januari AS, yang keduanya diindikasikan meningkat. Jika terealisir berpotensi menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Solid Gold Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika bursa Wall Street terealisir positif. Juga akan mencermati harga minyak mentah.