SOLID GOLD BERJANGKA – Pasar Saham Eropa bergerak mixed pada perdagangan Selasa (07/02) dengan investor mencermati data ekonomi dan laporan laba emiten.

Indeks FTSE bergerak pada 7.212,48, naik 40,33 poin atau 0,56%

Indeks DAX bergerak pada 11.554,37, naik 44.53 poin atau 0,39%

Indeks CAC bergerak pada 4.780,46, naik 2.38 poin atau 0,05%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 9.336,00, turun -21,30 poin atau -0,23%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,3 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan yang positif.

Sektor sumber daya dasar memimpin kenaikan pada logam dasar dan logam mulia yang lebih tinggi sementara saham perbankan menjadi pemain terburuk di penawaran pertengahan pagi di laporan laba.

BNP Paribas membukukan laba bersih yang lebih rendah dari perkiraan pada kuartal keempat setelah € 127.000.000 ($ 135.000.000) writedown pada cabang Polandia nya. Saham berada di bawah patokan Eropa turun 4,8 persen, hanya dikalahkan oleh Pandora dan Neste.

Saham otomotif pulih dari awal yang negatif setelah otoritas Perancis mengirim kasus emisi untuk jaksa yang melibatkan Fiat Chrysler. Saham produsen mobil itu kembali perdagangan setelah diskors awal pagi ini.

BP sesuai perkiraan analis ketika melaporkan laba sebesar $ 400 juta pada kuartal terakhir 2016. Itu turun sebesar 2,9 persen pada Selasa pagi. Dalam berita terkait minyak lainnya, The DCC terdaftar di London diatur untuk membeli jaringan stasiun bensin eceran unit ExxonMobil di Norwegia. DCC merupakan salah satu saham berkinerja terbaik ini Selasa, naik hampir 7 persen.

Munich Re mengumumkan bahwa laba turun di kuartal terakhir 2016 karena biaya yang lebih tinggi akibat badai dan gempa bumi. Meskipun demikian, perusahaan mengatakan akan mampu membayar dividen lebih tinggi. Perusahaan Jerman turun 1,2 persen pada penawaran pertengahan pagi.

Housebuilders bergerak lebih tinggi Selasa ini pada pendapatan. Bellway mengatakan bahwa menjual 6,5 persen lebih rumah di enam bulan hingga Januari dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Perusahaan Inggris mengharapkan untuk meraih pertumbuhan 5 persen dalam volume pada tahun fiskal penuh 2017. Sahamnya naik lebih dari 2,9 persen. Barratt Development dan Taylor Wimpey juga lebih tinggi di perdagangan pertengahan pagi.

Sementara itu, indeks harga rumah Halifax menunjukkan Selasa penurunan pertama dalam harga rumah Inggris sejak Brexit. Menurut pemberi pinjaman hipotek, penurunan dari 0,9 persen pada Januari adalah tanda terbaru dari perlambatan di pasar perumahan.

Investor menunjukkan tanda-tanda kekhawatiran dengan ketidakpastian lanskap politik global. Permintaan emas terus meningkat dengan harga dekat dengan tiga bulan pada hari Senin dan yen Jepang lebih tinggi terhadap dolar dan euro.

Dalam hal data, British Retail Consortium mengatakan Selasa bahwa konsumen U. K. mengurangi pengeluaran bulan lalu karena kekhawatiran inflasi mulai meningkat. Data produksi industri Jerman jatuh pada bulan Desember sebesar 3 persen – penurunan tertinggi dalam 8 tahun. Hal ini terutama didorong oleh penurunan produksi manufaktur.

Analyst Solid Gold Center memperkirakan bursa Eropa untuk perdagangan selanjutnya akan mencernati laporanlaba emiten, data ekonomi, pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.