SOLID GOLD BERJANGKA – Bursa saham AS naik pada akhir perdagangan Rabu dinihari (04/01), hari perdagangan pertama 2017, terdukung meningkatnya pertumbuhan manufaktur AS, namun keuntungan dibatasi karena harga minyak tergelincir.

Indeks S & P 500 ditutup sekitar 0,8 persen lebih tinggi, dengan sektor telekomunikasi dan perawatan kesehatan memimpin kenaikan.

Indeks Nasdaq juga menguat sekitar 0,8 persen.

Indeks Dow Jones menguat sekitar 120 poin, dengan saham Walt Disney dan Goldman Sachs memberikan kontribusi paling besar dalam keuntungan.

Dalam berita ekonomi AS, pembacaan akhir dari PMI manufaktur Desember IHS Markit datang di 54,3, mencapai 21-bulan tertinggi. Angka di atas 50 merupakan sinyal ekspansi, sementara angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi. Indeks manufaktur ISM pembacaan untuk Desember, datang di 54,7, di atas membaca November dari 53,2. dan belanja konstruksi mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari 10 tahun pada bulan November.

Harga minyak mentah mencapai ketinggian 18 bulan di tengah harapan bahwa kesepakatan antara OPEC dan negara-negara non-OPEC untuk memangkas produksi akan mengurangi kelebihan pasokan. Pada sesi tertinggi, harga minyak mentah AS telah naik lebih dari 2 persen. Namun, berakhir 2,6 persen lebih rendah pada $ 52,33 per barel karena kekhawatiran bahwa Libya akan meningkatkan produksi mengurangi sentimen investor.

Tiga indeks saham utama diperdagangkan sekitar 1 persen lebih tinggi sebelumnya pada Selasa, dengan Dow setelah naik 175,93 poin pada sesi tertinggi.

Saham Tiongkok ditutup lebih tinggi di belakang data domestik yang kuat dan lonjakan minyak mentah, dengan komposit Shanghai naik 1,04 persen. Indeks Caixin Manufacturing Purchasing Managers (PMI) Tiongkok naik menjadi 51,9, dibandingkan dengan 50,9 pada bulan November dan prakiraan mengalahkan untuk 50,7, di belakang peningkatan permintaan.

Bursa Eropa juga naik, dengan indeks Eropa Stoxx 600 memajukan 0,7 persen.

Treasury AS jatuh pada hari Selasa, dengan imbal hasil surat utang 10-tahun naik menjadi 2,45 persen imbal hasil surta utang jangka pendek dua tahun pada 1,222 persen.

Dalam berita perusahaan, Presiden terpilih Donald Trump menyerang General Motors di tweet, mengklaim raksasa otomotif membuat model Chevy Cruze di Meksiko dan kemudian mengirimkan mereka ke AS dealer bebas pajak. GM kemudian menanggapi dengan mengatakan bahwa sebagian besar model Cruze secara fakta sebenarnya dibangun di AS

Ford Motor, yang telah dihancurkan oleh Trump untuk pekerjaan pengiriman di luar AS, Selasa mengumumkan bahwa mereka akan membatalkan produksi pabrik $ 1,6 miliar pada Meksiko, dan sebagai gantinya akan menginvestasikan $ 700 juta Flat Rock, Michigan.

Indeks Dow Jones ditutup 119,16 poin lebih tinggi, atau 0,6 persen, di 19,881.76, dengan kenaikan tertinggi saham Nike dan saham McDonald turun terbesar.

Indeks S & P 500 naik 19 poin, atau 0,85 persen, menjadi berakhir pada 2,257.83, dengan sektor telekomunikasi memimpin 10 sektor yang lebih tinggi dan sektor utilitas yang tertinggal.

Indeks Nasdaq naik 45 poin, atau 0,37 persen, menjadi ditutup pada 5,429.08.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa global.