SOLID GOLD BERJANGKA – Bursa saham AS ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Jumat dinihari (31/03) terdorong lonjakan minyak mentah dan data ekonomi yang lebih baik.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik sekitar 70 poin, dengan saham Goldman Sachs dan UnitedHealth berkontribusi paling besar dalam keuntungan.

Indeks S & P 500 naik 0,3 persen, dengan sektor keuangan naik lebih dari 1 persen untuk memimpin kenaikan. Mengangkat sektor ini adalah saham bank, seperti he SPDR S&P Bank ETF (KBE) and the Regional Banking ETF (KRE) yang naik lebih dari 2,5 persen.

Saham energi juga salah satu pemain terbaik, dengan sektor naik 0,4 persen, karena mereka menerima tumpangan dari harga minyak. Minyak mentah naik 1,7 persen untuk menetap di $ 50,35 per barel, melanjutkan keuntungan Rabu setelah data persediaan yang lebih baik dari perkiraan.

Indeks komposit Nasdaq naik 0,3 persen untuk membukukan rekor penutupan.

Ekonomi AS tumbuh pada tingkat 2,1 persen pada kuartal terakhir tahun lalu, lebih dari yang diharapkan. Data lain yang dirilis Kamis termasuk klaim mingguan pengangguran, yang turun 3.000 ke 258.000.

Treasury AS menyerahkan keuntungan sedikit setelah rilis data ini, dengan imbal hasil obligasi 10-tahun naik ke 2,42 persen. Imbal hasil telah ditarik kembali dari tertinggi 2017 sejak Federal Reserve menaikkan suku bunga awal bulan ini, tetapi mempertahankan pandangan mereka sebagian besar tidak berubah.

Presiden Fed New York William Dudley dijadwalkan untuk berbicara hari Kamis setelah penutupan.

Oresiden Fed Dallas Robert Kaplan mengatakan ia melihat pertumbuhan PDB 2,25 persen tahun ini, tetapi menambahkan bahwa perlambatan ekonomi di Tiongkok akan membuat dunia lebih rentan terhadap ketidakstabilan fiskal.

Jumat menandai hari terakhir dari kuartal pertama. Memasuki sesi Kamis, indeks komposit Nasdaq naik 9,56 persen, sedangkan S & P dan Dow telah naik masing-masing 5,46 persen dan 4,54 persen.

Maret telah menjadi bulan campuran untuk saham karena investor mencerna kekalahan RUU perawatan kesehatan yang dipimpin Partai Republik yang akan menggantikan Obamacare.

Indeks S & P dan Nasdaq naik masing-masing 0,26 persen dan 1,26 persen untuk bulan,, sementara Dow mengalami sedikit kerugian.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 69,17 poin, atau 0,33 persen, menjadi ditutup pada 20,728.49, dengan kenaikan tertinggi saham Exxon Mobil dan saham Nike alami penurunan terbesar.

Indeks S & P 500 naik 6,93 poin, atau 0,29 persen, menjadi berakhir pada 2,368.06, dengan sektor keuangan memimpin tujuh sektor yang lebih tinggi dan sektor utilitas yang tertinggal.

Indeks Nasdaq naik 16,80 poin, atau 0,28 persen, menjadi ditutup pada 5,914.34.

Malam nanti akan dirilis data Personal Income dan Pesonal Spending Februari AS yang diindikasikan stabil. Juga dirilis data Michigan Consumer Sentiment Final Februari AS yang diindikasikan meningkat.

Analyst SOLID GOLD memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif jika data ekonomi terealisir positif. Juga akan mencermati harga minyak mentah dan perkembangan kebijakan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.