SOLID GOLD BERJANGKA – Bursa saham AS ditutup naik tajam pada akhir perdagangan Kamis dinihari (08/12), dengan Dow Jones dan S & P 500 mencapai rekor tertinggi baru, sementara investor menunggu pengumuman kebijakan moneter dari Bank Sentral Eropa.

Indeks S & P 500 menghapus kerugian sebelumnya untuk meningkat sekitar 1,3 persen, dengan sektor telekomunikasi melompat sekitar 2,4 persen untuk memimpin kenaikan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik hampir 300 poin, dengan saham Home Depot, IBM dan Goldman Sachs memberikan kontribusi paling tinggi dalam keuntungan.

Indeks komposit Nasdaq naik 1,2 persen meskipun ETF iShares Nasdaq Bioteknologi (IBB) merosot sekitar 3 persen.

Presiden terpilih Donald Trump mengejutkan dunia dengan mengalahkan mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dalam pemilihan presiden AS dengan optimisme belanja infrastruktur yang lebih besar dan deregulasi sektor tertentu mendorong peningkatan tajam pada saham sejak 8 November

Investor juga melihat ke depan untuk pertemuan penting ECB, di mana bank sentral sebagian besar diharapkan untuk memperpanjang program pelonggaran kuantitatif setelah Maret 2017, terutama setelah referendum Minggu di Italia membuat bank negara itu di tempat yang rentan.

Tidak ada data ekonomi penting AS hari Rabu, satu minggu sebelum pertemuan Federal Reserve di mana bank sentral AS diperkirakan akan menaikkan suku bunga. Menurut alat FedWatch CME Group, ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga 25 basis poin sekitar 95 persen.

Dolar AS telah meningkat tajam selama bulan lalu pada ekspektasi tingkat yang lebih tinggi dan stimulus fiskal. Namun pada hari Rabu, dollar AS turun 0,21 persen terhadap sekeranjang mata uang, dengan euro sekitar $ 1,076 dan yen dekat 113,8.

Hasil Treasury AS jatuh di seluruh papan, dengan dua tahun yield perdagangan sekitar 1,10 persen dan patokan yield 10-tahun di dekat 2,35 persen.

Di pasar minyak, West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari berakhir 2,3 persen lebih rendah pada $ 49,77 per barel sebagai keraguan atas kesepakatan penurunan produksi OPEC bertahan, meskipun penarikan dilaporkan 2,4 juta barel oleh Administrasi Informasi Energi.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 297,84 poin, atau 1,55 persen, menjadi ditutup pada 19,549.62, dengan kenaikan tertinggi saham Nike dan saham Pfizer yang turun terbesar.

Indeks S & P 500 naik 29,12 poin, atau 1,32 persen, menjadi berakhir pada 2,241.35, dengan sektor telekomunikasi memimpin 10 sektor yang lebih tinggi dan sektor perawatan kesehatan yang koreksi terbesar.

Indeks komposit Nasdaq naik 60,76 poin, atau 1,14 persen, ke 5,393.76.

Malam nanti akan dirilis data Jobless Claim pekan lalu yang diindikasikan menurun. Jika terealisir dapat menguatkan bursa.

Malam nanti juga akan ada pertemuan Bank Sentral Eropa untuk keputusan suku bunga zona Eropa.

Analyst SOLID GOLDĀ memperkirakan pada pergerakan selanjutnya akan bergerak positif jika data jobless claim menurun. Namun juga akan mencermati pertemuan Bank Sentral Eropa dan harga minyak mentah naik.