PT Solid Gold Berjangka РDigitalisasi saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar menjadi lebih efisien dan cepat dalam melakukan banyak hal. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan  Wimboh Santoso mengungkapkan digitalisasi ini juga mengubah gaya hidup secara drastis.

Misalnya, masyarakat yang ingin membeli barang kini tak perlu lagi datang ke toko, tinggal buka aplikasi, pesan langsung datang. Kemudian orang yang ingin mengirimkan uang tak perlu lagi datang ke kantor cabang, bisa menggunakan internet banking dan mobile banking.

“Ini mendorong ekosistem dan menciptakan tenaga kerja. Orang di kampung mau jual barang ke mana? Di bawa ke pasar kalau ada yang beli, pasti demand terbatas. Tapi dengan teknologi, kerupuk bisa dijual ke New York,” jelas dia dalam diskusi online, Jumat (17/7/2020).

Dia menjelaskan saat ini pemerintah dan OJK berupaya untuk terus menjalankan perekonomian yang belum tersentuh teknologi. Selain itu, teknologi juga bisa digunakan sebagai cara untuk menjalankan operasional secara efisien.

Contohnya, bank kini tak perlu lagi membangun kantor cabang yang banyak seperti dulu. Karena banyak nasabah sudah memanfaatkan layanan elektronik bank untuk bertransaksi.

“Sekarang nasabah tak perlu lagi ke bank kalau mau transfer uang ke anaknya. Dulu awal tahun 2000an sampai 2010 bank ramai-ramai buka cabang. Tapi setelah 2010 bank buka cabang mau ngapain?,” imbuh dia.