SOLID GOLD BERJANGKA – Hasil buruk di MotoGP Republik Ceko membuat Jorge Lorenzo disalip Valentino Rossi di klasemen sementara. Meski begitu, Lorenzo menyatakan bahwa targetnya tetap gelar juara dunia.

Lorenzo tak mendapatkan poin dari balapan MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (21/8/2016). Rider Spanyol itu cuma finis di posisi ke-17 setelah sempat dua kali mengganti motornya dalam balapan yang berlangsung di lintasan basah itu.

Balapan sendiri dimenangi oleh pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow. Dua rival Lorenzo dalam perburuan gelar, Rossi dan Marc Marquez, masing-masing finis kedua dan ketiga.

Lorenzo, yang sebelumnya menempati posisi kedua di klasemen, kini tergusur ke posisi ketiga. Pebalap Movistar Yamaha itu mengoleksi 138 poin, di bawah Marquez (197 poin) dan Rossi (144 poin).

Dengan tujuh seri tersisa, Lorenzo tentu masih punya kesempatan untuk menjadi juara dunia. Dia pun menepis anggapan bahwa dirinya kini fokus bersaing dengan Rossi untuk memperebutkan posisi kedua.

“Saya ingin menjadi juara. Saya bangga karena dalam delapan tahun terakhir selalu menempati posisi pertama atau kedua di klasemen akhir, posisi ketiga untuk tahun 2014. Namun, saya benar-benar ingin jadi juara. Saya cuma memikirkan soal membalap sebaik-baiknya dan meraih hasil terbaik. Lalu setelah balapan kami melihat klasemen dan melihat di mana posisi kami,” ujar Lorenzo seperti dikutip Crash.net.

“Marquez meraih hasil-hasil terbaik yang bisa dia dapatkan dia semua trek. Jadi, dia bekerja dengan sangat baik dengan motor yang dia miliki. Dan kami tidak beruntung. Untuk Rossi, ketidakberuntungan datang saat mesinnya bermasalah di Mugello. Untuk saya, ketidakberuntungan adalah seperti hari ini dan juga tidak cukup kompetitif dalam situasi hujan di trek-trek lain,” tuturnya.

“Jadi, ini membuat Marquez makin jauh berada di depan dalam hal perolehan poin,” kata Lorenzo.