SOLID GOLD BERJANGKA – Pada awal perdagangan bursa Hong Kong Senin (03/04), indeks Hang Seng bergerak naik, saat ini terpantau naik 76,84 poin atau 0,32 persen pada 24188.43. Bursa Saham Hong Kong menggebrak perdagangan hari pertama kuartal kedua dengan catatan positif pada hari Senin, mencetak keuntungan moderat dan mengabaikan pelemahan bursa saham AS pada akhir pekan.

Kenaikan saham Hong Kong terdukung sektor konstruksi, juga otomotif dan game yang memimpin kenaikan, sementara sektor perbankan dan asuransi tertinggal.

Pasar saham daratan ditutup pada hari Senin dan Selasa untuk liburan Ching Ming Festival. Pasar saham Hong Kong akan ditutup Selasa untuk hari libur umum.

Saham yang terkait dengan Xiongan New Area yang baru dibuat di provinsi Hebei melonjak tajam di Hong Kong pada ekspektasi stimulus pemerintah.

Penyedia bahan bangunan yang berbasis di Beijing BBMG Corporation melonjak 25 persen menjadi HK $ 4, sedangkan yang berbasis di Hebei dukungan negara Cina Suntien Green Energy Corporation melonjak 17,3 persen menjadi HK $ 1,8.

Lonjakan mengikuti laporan Xinhua pada Sabtu bahwa Presiden Xi Jinping akan mendorong untuk membuat sebuah kabupaten baru di provinsi Hebei utara, sekitar 160 kilometer selatan Beijing, untuk menyaingi dua zona ekonomi khusus didirikan di Cina selatan oleh para pendahulunya, Deng Xiaoping dan Jiang Zemin, Xinhua melaporkan pada hari Sabtu.

Xi mengumumkan kabupaten baru di Hebei terpencil untuk menyaingi Shenzhen dan Pudong

Dalam aksi lain Hong Kong, Coolpad Group, sebuah perusahaan peralatan telekomunikasi yang berkantor pusat di Shenzhen, menghentikan perdagangan saham dan mengatakan bahwa akan menunda publikasi dari hasil tahunan 2016, karena “membutuhkan lebih banyak waktu untuk memberikan informasi yang diminta oleh auditor”, menurut sebuah pernyataan yang disampaikan ke bursa saham Hong Kong.

Sedangkan indeks Hang Seng berjangka terpantau naik 91,00 poin atau 0,38 persen, pada 24,222.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 24,131.00.

Analyst Solid Gold memperkirakan indeks Hang Seng bergerak positif jika kinerja positif saham infrastruktur terus berlanjut. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 23,714-23,252, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 24,719-25,229.