SOLID GOLD BERJANGKA – Melengkapi sarapan banyak orang memilih minum jus buah. Meskipun menyehatkan tetapi lebih baik makan buah segar. ┬áJus buah segar bisa dibuat langsung saat akan diminum.

Tetapi juga banyak produk jus kemasan dengan beragam rasa. Sayangnya jus buah kemasan yang dijual dijual di supermarket rata-rata ditambahkan gula buatan seperti sirup jagung tinggi fruktosa, laporthedailymeal.com(2/9/16). Bahkan bisa disebut sebagai ‘air gula’. Jika jus buah merupakan gula, apa buah segar juga gula?

Buah segar yang utuh terdiri dri jus, kulit buah dan kulit ari. Sementara jus buah kemasan hanya cairan saja. Kulit buah yang bisa dimakan mengandung banyak serat seperti fitonutrien yang mengandung antioksidan dari karoten. Juga flavonoid anti peradangan. Kulit ari buah juga tinggi serat, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Sementara jika dibuat jus berarti semua seratnya hilang. Termasuk nutrisi yang ada pada kulit ari dan kulit buah. Satu gelas (250 ml) jus apel mungkin saja mengandung vitamin yang setara dengan 3-4 buah apel. Jadi Anda akan mengonsumsi lebih banyak gula dibandingkan jika makan satu butir apel saja.

Tetapi jika ingin lebih menyehatkan, buatlah jus sendiri di rumah dengan juicer sehingga lebih menyehatkan. Dibandingkan membeli jus kemasan. Minimal kandungan gulanya lebih terkontrol jika membuat jus buah sendiri.