SOLID GOLD BERJANGKA – Produsen sepeda motor asal Italia, MV Agusta dan desainer mobil Zagato menghadirkan motor baru hasil kolaborasi keduanya. Motor ini disebut MV Agusta F4Z.

Seperti dilansir Autoblog, Senin (29/8/2016), motor ini tampaknya menggunakan platform superbike MV Agusta F4. Jika benar, artinya motor ini menggunakan mesin 1.000 cc empat silinder.

Desain motor ini tampak begitu futuristik. Maklum, motor ini dikembangkan bersama ahli desain, Zagato.

Zagato memiliki pengalaman merancang beberapa mobil sport cantik selama bertahun-tahun. Beberapa model Alfa Romeo dan Aston mendapatkan sentuhan Zagato.

Tapi di balik desain futuristiknya, ada beberapa bagian yang sama seperti motor-motor MV Agusta lainnya seperti garpu depan, swing arm satu sisi dan frame teralis.

Informasi mengenai motor hasil kolaborasi MV Agusta dan Zagota masih terbatas. Detailnya akan diumumkan pada 4 September mendatang.

Italia ternyata menyimpan banyak produsen otomotif ternama di dunia. Selain emmiliki Lamborghini, Moto Guzzi, ada lagi MV Agusta. Mungkin nama yang kami sebut terakhir tadi jarang terdengar di negri kita ini. Padahal bila kita melihat lebih dekat akan perusahaan ini, bisa dibilang memiliki banyak koleksi motor yang tak perlu diragukan lagi akan kemampuannya. Berawal dari tahun 1945 MV Agusta berdiri dengan menawarkan banyak motor pilihan yang terbilang mewah di masanya.

Dimana perlu sobat otoboy ketahui, MV Agusta ini dahulu hadir dengan nama awal Meccanica Verghera Agusta hingga akhirnya saat ini memiliki nama tetap sebagai MV Agusta. Tapi dengan berjalannya waktu, nama MV Agusta dalam dunia otomotif itu timbul tengelam, atau bisa dikatakan tidak stabil. Hingga Akhirnya pada tahun 1991 MV Agusta dibeli oleh Cagiva, kemudian di tahun 1997 MV Agusta kembali memperkenalkan motor terbarunya yang dibangun atas dasar mesin empat silinder 750cc.

Akan tetapi produksi motor MV Agusta kembali dihentikan pada tahun 2004, namun hal itu bukanlah sebuah kehancuran, hanya saja MV Agusta lebih berkonsentrasi menciptakan motor dengan mesin 1000cc. Terlepas dari apa yang ada didalam kemelut perusahaan MV Agusta, produsen motor asal italia ini juga telah menyandang berbagai gelar juara dunia mulai dari tahun 1956. Dan sampai sekarang ini MV Agusta telah berhasil menciptakan motor-motor berbasis mesin kubikasi besar.