SOLID GOLD BERJANGKA – Hendak gosok gigi setelah makan, misalnya sarapan? Boleh-boleh saja. Tapi, disarankan untuk menyediakan jeda waktu setidaknya 30 menit. Nah, jika makanan yang dikonsumsi cenderung mengandung gula atau asam, disarankan untuk menyediakan jeda waktu sedikit lebih lama.

Menurut Gregg Lituchy, DDS, dokter gigi kosmetik di New York setelah mengonsumsi asupan yang bersifat asam seperti kopi, soda, jeruk, jus buah, bahkan smootihies buah bisa membuat enamel gigi melemah sementara. Untuk itu, jangan langsung menyikat gigi setelahnya.

“Tunggu sekitar 45 menit sebelum menyikat gigi. Tujuannya, untuk memberi kesempatan air liur mencairkan keasaman di gigi. Atau, guna membantu menetralkan asam Anda juga bisa berkumur-kumur dengan air putih,” kata Lituchy, dikutip dari Daily Mail.

Jika Anda langsung menyikat gigi, Lituchy mengatakan abrasi dari sikat gigi terhadap enamel yang melunak bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Dilansir dentalhealth.org, pada prinsipnya makanan dan minuman yang mengandung gula atau asam secara alami memang akan melemahkan enamel gigi.

Untuk itu, disarankan memberi jeda setelah makan dengan menyikat gigi setidaknya satu jam. Sebab, disebutkan ketika seseorang mengonsumsi sesuatu yang manis, gigi akan berada dalam keadaan asam setidaknya satu jam. Pasalnya, gula akan bereaksi dengan bakteri di dalam plak atau lapisan lengket di gigi hingga menghasilkan asam yang berbahaya.

Selain itu, disarankan pula untuk membatasi konsumsi asupan manis misalnya di jam makan besar saja. Atau minimal berkumur-kumurlah setelah mengonsumsi makanan manis maupun asam. Perlu diingat, asam pada makanan bisa mengikis atau melarutkan enamel hingga dentin di bagian bawah gigi dapat terlihat.

Sementara, dikutip dari CNN, Prof Nigel Hunt dari Fakultas Bedah Mulut, Royal College of Surgeons, London, Inggris mengungkapkan makanan manis ataupun yang mengandung tepung yang dimakan di antara waktu makan bisa menjadi makanan bagi bakteri. Pada akhirnya, asam yang dihasilkan dair proses itu berisiko membuat gigi rusak atau membusuk.

“Untuk itu penting memperhatikan kebersihan gigi dan mulut supaya sisa makanan, khususnya makanan manis, tidak menjadi penyebab timbulnya masalah gigi,” kata Prof Hunt