SOLID GOLD BERJANGKA – Pasangan nomor tiga di Pilgub DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno punya cara unik jelang mencoblos. Mereka ‘bersiap’ dengan gaya masing-masing.

Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan siap menghadapi pencoblosan Pilgub DKI Putaran kedua. Anies mengatakan dirinya percaya diri.

Usai salat berjamaah di masjid dekat rumahnya, Anies mengisi waktu dengan konvoi menggunakan motor vespa. Dia membeli berbagai jenis kue basah untuk sarapan.

Anies juga mengaku santai dalam menghadapi pemungutan suara putaran kedua. Dia juga mengaku tak menyiapkan sarapan khusus jelang pencoblosan.

“Alhamdulillah 3 C, cool, calm, confidence, tenang, sejuk, dan Insya Allah percaya diri,” ujar Anies kepada wartawan di Masjid Baitunnur, Cilandak, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

“Nggak ada, kita ngopi pagi saja, makanan nggak ada yang khusus, mungkin cari makanan pagi-pagi nanti,” lanjutnya.

Kemudian Anies berangkat dari kediamannya menggunakan vespa sekitar pukul 06.45 WIB menuju toko Kue Subuh yang berada di Jalan Cinere, Depok, Jawa Barat. Perjalanan Anies memakan waktu sekitar 30 menit. Beberapa warga sempat menyapa saat melihatnya menggunakan vespa.

“Bu kuenya apa saja ini Bu, ini untuk teman-teman,” kata Anies kepada penjual kue.

Dia kemudian memilih beberapa jenis kue basah. Di antaranya ada lemper, lumpia, dan kue lapis. Anies juga mengaku dapat tidur nyenyak di malam pencoblosan.

“Tidur begitu masuk kamar, bek langsung, hilang sudah. Saya tidur sekitar jam 01.30 WIB, banyak jemaah kumpul di rumah, kemudian teman-teman seperjuangan, aktivis di kampus dulu pada datang semua. Jadi tadi malam itu teman-teman kuliah banyak sekali, dan pengajian juga sampai sekitar jam 24.00 WIB malam di rumah. Banyak yang juga datang di rumah,” ucapnya.

Anies beserta keluarga rencananya akan mencoblos pada pukul 09.00 WIB. “Dugaan kita jam setengah 9, jadi nanti kita cocokin waktunya. Kita di rumah yang terdaftar 3, saya, istri, dan anak satu,” sambung mantan Mendikbud itu.

Sementara itu pasangan Anies, Cawagub Sandiaga Uno melakukan aktivitas olahraga jelang pencoblosan. Dia jogging di sekitaran kompleks rumahnya sambil mengecek sejumlah TPS.

Dengan mengenakan kostum lari, Sandiaga bersama sejumlah teman berangkat dari rumahnya di Jalan Pulobangkeng, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/4). Di tengah jalan dia bertemu dengan komunitas Jakarta Berlari.

Kemudian Sandiaga mengecek TPS 03 yang ada di dekat rumahnya. Dia pun menyapa sejumlah petugas TPS. TPS yang dikunjunginya itu bernuansa warna biru, sama seperti baju yang dia pakai.

“Warna nya biru, berarti sama juga dengan Tagline Jakarta Berlari, Rabu biru. Jadi mudah-mudahan ini suatu tanda yang baik,” kata Sandiaga.

Tak berapa lama, dia kemudian lanjut jogging dan mengecek TPS 02. Sama seperti di TPS sebelumnya, dia menyapa petugas yang tengah siap-siap.

Sandiaga lalu lanjut untuk mengecek TPS 01, tempatnya akan mencoblos. Namun sebelum sampai di lokasi, dia menyempatkan diri mampir di rumah Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang berada di Jalan Kertanegara. Sandiaga sempat selfie di rumah yang telah dipasang tenda itu.

Sesampainya di TPS 01, dia juga mengecek kesiapan petugas. Sandiaga datang saat TPS sudah mulai dibuka.

“Oke satu jam lagi saya akan datang bersama keluarga untuk mencoblos. Oce?” tuturnya sambil Salam Tiga Jari. Setelah 20 menit jogging, Sandiaga lalu kembali ke rumahnya.