SOLID GOLD BERJANGKA – Lexus telah meluncurkan mobil balap yang dibuat dari all new LC 500. Sebagai mobil balap, coupe mewah tersebut memiliki tampilan yang lebih sporti.

Seperti tertulis dalam siaran persnya, bodi mobil balap LC 500 menggabungkan fender yang melebar, skirt berotot, spoiler besar dan diffuser belakang. Ada juga beberapa ventilasi untuk downforce dan ekstraksi panas.

Perlengkapan itu meningkatkan aerodinamika coupe ini. Namun, di bagian depan tetap mempertahankan spindle grille Lexus dan lampu berbentuk L.

Mobil balap ini memiliki berat kosong 1.020 kg. Mobil yang ringan didukung oleh mesin turbo 2.000 cc empat silinder injeksi langsung. Mesin dikawinkan dengan girboks sequential enam percepatan.

Pengujian mobil balap ini akan dimulai bulan depan. Coupe mewah ini bakal mengikuti seri balap Super GT500 di Jepang tahun depan, menggantikan peran Lexus RC F.

Untuk diketahui, Lexus LC 500 awalnya dirancang sebagai coupe grand touring. Mobil ini terbukti bisa beradaptasi untuk balap dengan penambahan paket aerodinamika, pengurangan bobot dan penyesuaian mesin spesifikasi balap.

Kami sempat dijuluki sebagai brand yang datar dan membosankan,” kata Chief Branding Officer Lexus, Akio Toyoda.

Kesan itulah yang ingin dihilangkan Lexus dengan mengungkap model yang kini menjadi flagship di lini produknya, LC 500, di gelaran North American International Motor Show (NAIAS) 2016.

Mereka yang menyebut Lexus ‘boring‘, rasanya kali ini harus mengangkat topi karena Lexus berani meluncurkan mobil produksi dengan wujud yang sama persis dengan versi konsep LF-LC yang muncul pada 2012 silam.

Nyaris tidak ada perubahan berarti antara mobil konsep LF-LC dan versi produksinya, LC 500.

Dengan desain yang terlihat liar dan ciri tiap fender ‘widebody‘ berotot khas mobil sport modern, Lexus LC 500 mengadopsi bahasa desain indah yang sudah dimulai sejak lahirnya Lexus LFA.

467 Tenaga Kuda Tentu Bukan Mobil yang Membosankan

Dijejali sistem penggerak roda belakang, LC 500 menggendong mesin V8 5.000ccnaturally aspirated yang memuntahkan 467 tenaga kuda. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 10 percepatan terbaru. Rupanya mesin yang sama juga digunakan di RC-F dan GS-F.

 

Struktur bodi mobil banyak menggunakan material serat karbon. Ini termasuk di bagian pintu dan juga atap mobil yang sifatnya opsional.  Masuk ke ruang kabin, skema warna coklat membalut nyaris seluruh titik interior.

“Semua orang (di Lexus), termasuk para insinyur, ingin menjaga (bentuk) mobil ini sedekat mungkin seperti versi konsep aslinya,” ungkap Toyoda seperti dilansirCarbuzz.

Mobil ini bakal mulai dipasarkan tahun depan dengan banderol mendekati US$100 ribu atau kira-kira setara dengan Rp1,3 miliar.

Nah, dengan hadirnya mobil sport menakjubkan ini, cap ‘datar dan membosankan’ yang sempat melekat di Lexus sepertinya sudah resmi dicabut.