Prosesi sungkeman Kahiyang-Bobby.

PT SOLID GOLD BERJANGKA – Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu akan melangsungkan serangkaian acara pernikahan seperti kirab, ijab kabul, hingga resepsi pada siang dan malam harinya dengan Bobby Nasution.

Prosesi Panggih Kahiyang-Bobby Ditutup dengan Sungkeman

Prosesi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berlanjut ke sungkeman. Sungkeman berjalan khidmat.

Kahiyang dan Bobby pertama-tama sungkem ke Jokowi dan Iriana selaku perwakilan pihak perempuan. Jokowi dan Iriana memberikan nasihat kepada Kahiyang dan Bobby.

Tak lama setelah itu, mereka berdua melangsungkan sungkeman ke pihak pria. Pihak Bobby diwakilkan Ade Hanifah Siregar sebagai ibunda Bobby dan Erwan Siregar sebagai paman Bobby. Dengan demikian, seluruh proses pernikahan menurut adat Jawa telah usai.

Mesranya Suap-suapan Kahiyang-Bobby di Pelaminan

Seusai meminum rujak degan (kelapa muda), Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution menjalani prosesi timbangan bobot dan dulangan (suap-suapan).

Keduanya tampak mesra saat saling menyuapi satu dengan lainnya. Dulangan melambangkan, bahwa pasti ada masalah dalam hidup berumah tangga. Masalah tersebut harus dihadapi bersama.

Duduk di Pelaminan, Kahiyang-Bobby Minum Rujak Degan

Presiden Jokowi selesai mengantarkan putrinya, Kahiyang Ayu bersama suami Bobby Nasution ke pelaminan. Setibanya di pelaminan, Jokowi menurunkan keduanya ke kursi.

Kahiyang-Bobby minum rujak degan.

Prosesi berikutnya dilanjutkan dengan meminum rujak degan (kelapa muda). Jokowi dan istri Iriana mencicip minuman tersebut terlebih dahulu dan dilanjutkan kepada Kahiyang-Bobby.

Usai Sidrap Sindur, Jokowi Antarkan Kahiyang-Bobby ke Pelaminan

Pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melangsungkan prosesi panggih seusai akad nikah. Prosesi ini berlanjut dengan lempar gantel, beber umijatsih, dan injak telur.

Jokowi antar Kahiyang-Bobby ke pelaminan.

Setelah injak telur, Jokowi mengalungkan kain sindur kepada Kahiyang-Bobby dan mengantarkannya ke pelaminan. Tampak, Iriana Jokowi memegang kain sindur untuk Kahiyang-Bobby.

Prosesi Panggih Kahiyang-Bobby Dimulai

Usai melangsungkan akad nikah dan salam-salaman, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melaksanakan panggih. Panggih atau bertemu adalah puncak acara pernikahan adat Jawa.

Rangkaian upacara panggih pernikahan Kahiyang-Bobby.

Kedua mempelai sudah turun dari pelaminan masing-masing. Mereka berdua tengah lempar-lemparan gantel.

Veronica Ahok Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby

Istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan tiba di lokasi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Ia tiba dengan kebaya berwarna putih.

Vero tiba di Graha Saba Buana, Jl Letjen Suprapto, Solo, Jateng, Rabu (8/11/2017) pukul 10.10 WIB. Ia langsung masuk ke dalam gedung.

Di dalam gedung, sejumlah tamu sudah menyalami Kahiyang-Bobby yang resmi menikah. Antara lain Wapres Jusuf Kalla (JK), Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Novanto Salami Kahiyang-Bobby

Ketum Golkar Setya Novanto memberikan ucapan selamat untuk Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang baru saja menikah. Novanto memancarkan senyum saat memberikan ucapan selamat.

Novanto salami Kahiyang-Bobby

Selain Novanto, pimpinan parpol lainnya juga sudah memberikan selamat kepada Kahiyang-Bobby. Antara lain Ketum PPP Romahamurmuziy, Ketum NasDem Surya Paloh, hingga Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Tamu Akad Beri Ucapan Selamat untuk Kahiyang-Bobby

Tamu peserta akad nikah mulai memberikan ucapan selamat kepada Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Wapres JK memberikan ucapan selamat pertama kali kepada kedua mempelai.

JK beri ucapan selamat untuk Kahiyang-Bobby

Sejumlah tokoh bergiliran mengucapkan selamat untuk Bobby-Kahiyang di Graha Saba Buana, Solo, Jateng, Rabu (8/11/2017). Antara lain Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Menko PMK Puan Maharani. Sampai saat ini, pemberian ucapan selamat masih berlangsung.

Bobby Kenakan Cincin Pernikahan kepada Kahiyang

Kahiyang dan Bobby langsung duduk di kursi pelaminan usai pembacaan ijab kabul. Bobby berada di sisi kanan dan Kahiyang di kiri.

Bobby langsung memberikan cincin pernikahan ke jari manis Kahiyang. Sebelumnya, mereka sudah menandatangani buku nikah yang diterbitkan KUA Banjarsari.

Usai Ijab Kabul, Bobby Bacakan Sighat Ta’lik

Bobby Nasution membacakan sighat ta’lik seusai prosesi ijab kabul dengan Kahiyang Ayu. Bobby membacakan kewajibannya sebagai suami untuk Kahiyang.

“Sesudah akad nikah, saya Muhammad Bobbby Afif Nasution bin Erwin Nasution berjanji dengan sesungguh hati bahwa saya akan mempergauli istri saya yang bernama Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan baik (mu’asyarah bil ma’ruf) menurut ajaran Islam,” ujar Bobby di Graha Saba Buana, Solo, Jateng, Rabu (8/11/2017).

Seusai pembacaan, Bobby menandatangani teks yang dibacakan tersebut dan disahkan oleh penghulu pernikahan. “Saudara Bobby Nasution telah resmi menjadi suami bagi Kahiyang Ayu binti Joko Widodo,” ujar Basir selaku penghulu.

Sah! Bobby-Kahiyang Resmi Jadi Suami-Istri

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution resmi menjadi pasangan suami-istri. Prosesi diawali dengan pembacaan ijab oleh Presiden Jokowi sebagai wali pernikahan.

“Bismillahirrahmanirrahim, Saudara Muhammad Bobby Afif Nasution Bin Erwin Nasution almarhum, saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya Kahiyang Ayu dengan Engkau Muhammad Bobby Afif Nasution Bin Erwin Nasution almarhum dengan emas kawin seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai,” ujar Jokowi di Graha Saba Buana, Solo, Jateng, Rabu (8/11/2017).

Prosesi ijab kabul Kahiyang-Bobby

“Saya terima nikahnya dan kawinnya Kahiyang Ayu bin Joko Widodo dengan mas kawin seperangkat alat salat dan emas 80 gram dibayar tunai,” ujar Bobby dengan satu tarikan napas.

Para hadirin dan saksi menyatakan ijab kabul sah. Artinya, Bobby dan Kahiyang resmi menjadi pasangan suami-istri. Acara dilanjutkan pembacaan doa.

Ketum PBNU KH Saiq Aqil menyampaikan khutbah nikah kepada Kahiyang dan Bobby. Said Aqil menyampaikan makna pernikahan.

“Nikah adalah ibadah. Ibadah harus dengan syariat Allah dan sunah Rasulullah yaitu dengan syarat dan rukun. Adapun selebihnya, hidayah Islam nusantara,” ujar Said Aqil di Graha Saba Buana, Solo, Jateng, Rabu (8/11/2017).

“Di antara ayat Allah ada perjodohan. Perjodohan Mas Bobby dan Mbak Kahiyang Ayu. Oleh karena itu, pagi ini kita semua hadir menyaksikan tanda kebesaran dan keagungan Allah SWT,” tambahnya.

Setelah khutbah, akan dilangsungkan ijab kabul Kahiyang-Bobby.

Bobby Serahkan Mahar Pernikahan ke Kahiyang

Bobby Nasution menyerahkan mahar pernikahan ke Kahiyang Ayu. Mahar berupa seperangkat alat salat dan emas 80 gram.

Bobby serahkan mas kawin untuk Kahiyang.

Pemberian mahar pernikahan berlangsung singkat setelah pembacaan ayat suci Alquran. Sebelum ijab kabul, akan disampaikan khutbah nikah oleh Ketum PBNU Said Aqil.

Ayat Suci Alquran Dibacakan Jelang Ijab Kabul Kahiyang-Bobby

Ustaz Agus Ma’arif memimpin pembacaan ayat suci Alquran jelang prosesi ijab kabul Kahiyang dan Bobby. Pembacaan ayat suci Alquran berlangsung khidmat.

Ustaz Agus membacakan surat Ar-Rum ayat 21 jelang ijab kabul. Surat ini berisi tuntunan berkeluarga sakinah.

Jelang Ijab Kabul, Kahiyang-Bobby Duduk Bersebelahan

Kahiyang dan Bobby langsung duduk bersebelahan jelang prosesi ijab kabul di Graha Saba Buana, Solo, Jateng. Mereka tampak serasi dengan busana berwarna hitam.

Kahiyang-Bobby duduk bersebelahan.

Dalam meja akad, ada juga Presiden Jokowi sebagai wali pernikahan, Wapres JK dan Menko Perekonomian sebagai saksi nikah. Mereka akan ijab kabul pukul 09.00 WIB.

Pihak Bobby Nasution Serahkan Mas Kawin ke Pihak Kahiyang

Pihak keluarga Bobby Nasution menyerahkan mas kawin berupa seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram ke pihak keluarga Kahiyang Ayu.

Mahar nikah diserahkan Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi selaku perwakilan Bobby kepada Jokowi. Kahiyang dan Bobby akan melangsungkan ijab kabul pukul 09.00 WIB di Graha Saba Buana, Solo, Jateng.

Pangkostrad Serahkan Bobby Nasution ke Jokowi

Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi menjadi perwakilan dari Bobby Nasution. Ia menyerahkan calon mempelai pria ke pihak Jokowi.

“Kami menyampaikan salam taklim menghantarkan calon mempelai pria bernama Muhammad Bobby Afif Nasution,” ujar Letjen Edy.

Kahiyang dan Bobby sudah tiba di lokasi akad nikah di Graha Saba Buana, Solo, Jateng. Sebelum ijab kabul, acara dimulai dari sambutan Kepala KUA Banjarsari dan pembacaan ayat suci Alquran. Akad akan dilangsungkan pukul 09.00 WIB.

Kahiyang, Jokowi, dan Keluarga Tiba di Lokasi Akad

Kahiyang tiba di lokasi akad nikah di Graha Saba Buana, Solo, Jateng. Ia tiba setelah kirab dari kediamannya di Kelurahan Sumber.

Kahiyang tiba di Graha Saba Buana

Kahiyang tiba pukul 08.30 WIB dengan kereta kencana yang ditumpanginya. Ia satu rombongan dengan Jokowi, Iriana, dan keluarga.

Sebelumnya, Bobby tiba terlebih dahulu di lokasi akad. Kahiyang dan Bobby melangsungkan prosesi akad nikah pukul 09.00 WIB.

Calon Menantu Jokowi Tiba di Lokasi Akad

Calon menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution tiba di lokasi akad pernikahan di Graha Saba Buana, Solo. Ia datang setelah kirab dari Hotel Alila.

Bobby Nasution tiba di Graha Saba Buana.

Bobby tiba di Graha Saba Buana, Jl Letjen Suprapto, Solo, Jateng, Rabu (8/11/2017) pukul 08.22 WIB. Ia tiba bersama keluarganya.

Wapres JK Berangkat ke Lokasi Nikahan Putri Jokowi

Wapres Jusuf Kalla (JK) berangkat ke lokasi pernikahan Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buana dari Hotel Alila Solo. Ia berangkat bersama istri Mufidah Kalla dan rombongan.

JK berangkat menggunakan mobil wakil presiden. JK akan bertindak sebagai saksi pernikahan Kahiyang-Bobby.

Antusiasme Warga Iringi Kirab Bobby ke Lokasi Akad

Bobby Nasution menjalani proses kirab dengan kereta kencana menuju lokasi akad nikah di Graha Saba Buana, Solo, Jateng. Saat kirab, ia dikawal oleh Paspampres menuju lokasi.

Para warga antusias menyapa Bobby saat kirab. Ada pula yang mengabadikan momen kirab Bobby. Nantinya, Bobby akan bertemu Kahiyang menjelang lokasi pernikahan.

Sejumlah tokoh sudah berdatangan ke Graha Saba Buana. Bobby dan Kahiyang akan melangsungkan akad nikah pukul 09.00 WIB.

Deretan Tokoh Masuki Lokasi Nikahan Kahiyang-Bobby

Deretan tokoh sudah memasuki lokasi pernikahan Kahiyang dan Bobby di Graha Saba Buana, Solo, Jateng. Di antaranya Ketum Golkar Setya Novanto, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ada juga Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Ketum MUI KH Ma’ruf Amin, Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nasir, Buya Syafii, Ketum PBNU KH Said Aqil, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO), Ketua MPR Zulkifli Hasan, hingga putri Gus Dur Yenny Wahid.

SBY, AHY, hingga Novanto Juga Tiba di Lokasi Nikahan Kahiyang

Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tiba di lokasi pernikahan Kahiyang dan Bobby di Graha Saba Buana. Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga menghadiri lokasi pernikahan Kahiyang bersama istrinya, Annisa Pohan.

SBY dan keluarga hadiri pernikahan Kahiyang-Bobby.

Tokoh-tokoh parpol lainnya juga berdatangan seperti Ketum Golkar Setya Novanto, Ketum PPP Romahamurmuziy, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Novanto dan istri di lokasi pernikahan Kahiyang-Bobby.

Calon Menantu Jokowi Naik Kereta Kencana untuk Kirab ke Lokasi Nikahan

Bobby Nasution bersiap menjalani prosesi kirab menuju lokasi pernikahan di Graha Saba Buana, Solo, Jateng. Bobby menaiki kereta kencana yang sudah disiapkan di Hotel Alila. Ia mengenakan beskap berwarna hitam.

Bobby naik kereta kencana ke lokasi akad nikah.

Ada empat kereta kencana yang disiapkan untuk mengantar Bobby menuju lokasi pernikahan.

Anies Hadiri Akad Nikah Kahiyang Ayu di Graha Saba Buana

Gubernur DKI Anies Baswedan menghadiri acara akad pernikahan Kahiyang di Graha Saba Buana, Solo, Jateng. Ia datang pukul 07.30 WIB dengan mengenakan jas hitam.

Gubernur DKI Anies Baswedan tiba di lokasi nikahan Kahiyang.

Sejumlah tokoh lainnya sudah berdatangan ke Graha Saba Buana. Antara lain Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Seskab Pramono Anung, hingga eks Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Megawati Tiba di Lokasi Pernikahan Kahiyang

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tiba di lokasi pernikahan Kahiyang Ayu di Graha Saba Buana, Jl Letjen Suprapto, Solo, Jateng. Ia tiba bersamaan dengan Menko PMK sekaligus putrinya Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Mereka disambut musik gamelan.

Megawati tiba di lokasi pernikahan Kahiyang

Selain itu, para meneri kabinet kerja sudah berdatangan ke lokasi pernikahan Kahiyang seperti Mendagri Tjahjo Kumolo hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan juga sudah hadir di Graha Saba Buana.

Menteri Kabinet Kerja Jokowi Mulai Berdatangan ke Lokasi Nikahan Kahiyang

Menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK mulai berdatangan ke lokasi pernikahan Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buana, Solo, pagi ini. Di antaranya Mensesneg Pratikno, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sudah tiba di lokasi pernikahan.

Pengamanan di lokasi pernikahan Kahiyang sudah diperketat. Para tamu hadirin lainnya mulai berdatangan. Di dalam gedung Graha Saba Buana, meja dan kursi untuk akad nikah sudah disiapkan. Begitu pula soal pelaminan.

Meja untuk Akad dan Pelaminan Sudah Disiapkan di Graha Saba Buana

Meja untuk akad nikah Kahiyang dan Bobby sudah disiapkan di Graha Saba Buana. Tampak mikrofon ditaruh di atas meja dan bagian kursi sudah dipasang bunga.

Meja dan kursi untuk akad serta pelaminan untuk pernikahan Kahiyang

Sedangkan, tak jauh dari meja akad, pelaminan serba merah sudah terpampang. Panitia tampak standby di dalam lokasi pernikahan.

Tamu Mulai Berdatangan ke Lokasi Pernikahan Kahiyang-Bobby

Para tamu mulai berdatangan ke lokasi pernikahan Kahiyang dengan Bobby di Graha Saba Buana, Jl Letjen Suprapto, Solo. Tak hanya itu, aparat gabungan TNI-Polri yang datang dengan baju daerah.

Tamu mulai berdatangan ke lokasi pernikahan Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buana.

Karangan bunga sudah berjejer di depan lokasi pernikahan. Aparat sudah berjaga di Graha Saba Buana.

Jelang Kirab, 4 Kereta Kuda Berjejer di Depan Hotel Alila

Empat kereta kuda disiapkan untuk Bobby Nasution di depan Hotel Alila, Solo. Bobby nantinya akan melakukan kirab dari hotel menuju lokasi pernikahan di Graha Saba Buana.

Kereta kuda untuk kirab pernikahan Kahiyang-Bobby di Hotel Alila.

 

Baca Juga Artikel Keren & Terupdate Kami Lainnya Di :

blogspot.com wordpress.com weebly.com blogdetik.com strikingly.com
wixsite.com jigsy.com spruz.com bravesite.com