SOLID GOLD BERJANGKA – Pencarian Chelsea terhadap bek tengah baru terus berlanjut. Yang terbaru mereka membidik bintang muda AC Milan, Alessio Romagnoli.

Antonio Conte pada akhir pekan lalu mengeluhkan minimnya jumlah bek tengah yang dia punya. Usai meraih kemenangan 2-1 atas Watford, Conte menyebut kalau The Blues harusnya punyacenter back dengan jumlah lebih banyak untuk bisa bersaing di Premier League.

“Jika Anda melihat pada skuat kami, hanya ada lima bek – empat yang jadi starter hari ini dan satu pemain akademi Ola Aina,” cetus Conte.

Saat pertama dirumorkan akan melatih The Blues, kedatangan Conte langsung dikait-kaitkan dengan pembelian bek Juventus Leandro Bonucci. Tapi deal itu tak pernah terlaksana sampai sekarang karena Bianconeri menolak melepas pemain andalannya itu.

Beberapa media Inggris kemudian menyebut Chelsea mengalihkan bidikan pada Kalidou Koulibaly dan Kostas Manolas. Namun Napoli dan AS Roma juga menapik menjual pemain bertahannya itu. Pencarian Chelsea terhadap bek tengah baru berlanjut dengan pekan ini mereka disebut tengah mendekati Romagnoli.

Meski Milan masih terpuruk musim lalu, Romagnoli menjalani musim debut yang cukup oke dalam seragam Merah-Hitam. Data dari Whoscored menyebut dia rata-rata membuat 5,4 clearence per pertandingan. Dia juga membuat 1,3 tekel bersih, 2,5 intersepsi, dan memenangi 2,3 areal duel setiap 90 menit. Saat mengantar Milan memenangi laga pembuka Serie A musim ini kontra Torino, bek 21 tahun itu menghasilkan 5clearence, 4 tekel bersih, dan memenangi 2 aerial duel.

Modal Romagnoli lainnya adalah akurasi umpannya yang cukup tinggi di mana musim lalu angkanya mencapi 86,4%. Masih menurut Whoscored, Romagnoli menjadi pemain berusia 21 tahun dengan jumlah clearence paling banyak di Serie A musim lalu.

Dengan John Terry kini mudah sekali dikalahkan karena kecepatannya yang jauh berkurang, Romagnoli punya potensi untuk dipercaya mengisi jantung pertahanan ‘Si Biru’ bersama Cahill. Apalagi Kurt Zouma saat ini belum pulih benar setelah mengalami cedera lutut serius pada Februari lalu.

Romagnoli adalah tipikal bek modern yang bukan hanya pandai membaca serangan, melakukan tekel, intersepsi dan memenangi duel udara. Dia punya kemampuan cukup baik dalam menggiring bola dan membantu serangan.

Yang jadi masalah untuk Chelsea saat ini adalah Milan tak punya rencana melepas pemain yang mereka beli dari AS Roma dengan harga 20 juta poundsterling itu. Dengan bursa transfer yang akan tutup dalam hitungan hari, Chelsea harus secepatnya meningkatkan penawaran jika ingin membawa bek kelahiran 1995 itu setelah proposal pertama sebesar 30 juta poundsterling ditolak Rossoneri.