SOLID GOLD BERJANGKA – Hyundai berencana memperkenalkan mobil hidrogen di thaun 2018 dengan setengah harga lebih murah daripada Hyundai Tucson Fuel Cell.

Dilansir Carscoops, Senin (5/9/2016), dari laporan The Korea Herald, Hyundai mengumumkan rencananya itu pada sebuah acara aliansi nasional yang diadakan di Korea Selatan, yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah. Pemerintah Negeri Ginseng itu berencana memiliki 10.000 unit kendaraan hidrogen tahun 2020.

Untuk rincian seperti apa nantinya produk ini belum banyak diketahui. Namun kabarnya produk ini akan mampu menjangkau jarak hingga 600 km, peningkatan yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan Tucson hidrogen yang hanya memiliki daya jangkau 415 km.

Harga mobil hidrogen itu di Korea Selatan diperkirakan sekitar 60 juta won (Rp 710 jutaan). Namun setelah adanya subsidi, kemungkinan angka tersebut turun cukup signifikan menjadi 32.500.000 won (Rp 381 jutaan).

Di Amerika Serikat (AS), Tucson FCV hanya tersedia untuk penyewaan tiga tahun, dengan biaya per bulan $499 (Rp 6,5 jutaan), ditambah uang muka $2999 (Rp 39 jutaan)

Menurut Hyundai, Intrado merupakan hasil pemikiran segar dari apa yang para konsumen akan butuhkan dan harapkan terhadap mobil-mobil mereka dalam waktu dekat: mudah digunakan, intuitif untuk interaksi, dan siap dengan berbagai gaya-hidup dan kesibukan pemiliknya.

Struktur Intrado super-ringan seperti penggunaan baja ringan – memberikan perlindungan sangat bagus dan mudah diperbaiki. Katanya, struktur ringan ini terinspirasi dari pesawat terbang.

Intrado menjadi mobil Hyundai pertama yang pengembangannya langsung di bawah arahan Peter Schreyer, President and Chief Design Officer of Hyundai Motor Group sejak Januari 2013. Hyundai Motor European R&D di Rüsselsheim– seperti ditandai dengan codename HED-9 (Hyundai Europe Design) – berperang utama dalam proses ini.

“Mudah dan sensual, Intrado mencerminkan keterbukaan pemikiran dan pembaharuan konstan dari Hyundai. Hal ini juga menunjukkan bahwa Hyundai ingin para pelanggan untuk menemukan kembali kegembiraan dan kebebasan yang harus dikaitkan dengan mobilitas pribadi. Itu sebabnya mobil ini memiliki kemurnian seperti tujuan – logis, dicintai dan enak untuk berada di dalamnya,” komentar Peter.

Intrado bergerak menggunakan bahan bakar hidrogen dan baterai Li-ion 36 kWh. Anda hanya perlu waktu beberapa menit untuk mengisi hidrogen. Daya jelajahnya hingga 600 kilometer dan hanya memuncratkan air.

Hyundai Intrado dispekulasikan sebagai masa depan Hyundai Tucson. Mari kita tunggu babak berikutnya..